Dokumen Rahasia Perang Ukraina Bocor Melalui Server Discord Minecraft

Dokumen Rahasia di Server Discord Minecraft

Dokumen Rahasia Perang Ukraina Bocor – Menjadi salah satu game terpopuler sepanjang masa merupakan salah satu alasan suksesnya game Minecraft. Pertama kali rilis di tahun 2011 lalu oleh developer Mojang, sejak itu Minecraft sudah mampu menggaet komunitas fans yang cukup besar.

Sayangnya, komunitas yang besar kini justru menimbulkan perkara yang cukup serius. Terdapat kabar bahwa dokumen rahasia militer yang berisikan informasi mengenai perang Ukraina bocor melalui server Discord Minecraft. Permasalahan pun hingga harus melibatkan pihak Pentagon demi menangani kasus.

Dokumen Rahasia Perang Ukraina Bocor di Server Discord Minecraft, Pentagon Langsung Turun Tangan

Dokumen Rahasia Perang Ukraina Bocor di Server Discord Minecraft, Pentagon Turun Tangan

Dokumen mengenai perang Ukraina dilaporkan baru saja tersebar di berbagai platform media sosial seperti Twitter dan Telegram. Namun sumber awal bocornya dokumen diduga berawal dari server Discord Minecraft.

Penyebaran diperkirakan dimulai ketika muncul argumen antara fans Minecraft melalui Discord. Demi memenangkan perdebatan, salah seorang fans pun mengunggah dokumen rahasia, dimana berisikan informasi mengenai senjata yang digunakan untuk perang, jumlah korban, keamanan penyerangan udara dan juga komunikasi antara pihak Amerika Serikat dengan Ukraina.

Minecraft

Situs Bellingcat menjelaskan bahwa ada dua versi dokumen. Terdapat dokumen asli dan juga dokumen yang telah diedit yang menunjukan data kerugian yang lebih besar. Saat ini, pihak Pentagon tengah berusaha menghapus seluruh dokumen yang tersebar, namun sepertinya usaha tersebut masih belum dapat menampung kebocoran yang sudah meluas.

Melalui akun Telegram resminya, Mykhailo Podolyak selaku penasihat Presiden Ukraina menyatakan bahwa dokumen bukan berasal dari Russia karena mereka pastinya tidak akan menyebarkan dokumen secara terang-terangan. Namun dirinya percaya bahwa bocornya dokumen datang dari seseorang pendukung Rusia dengan maksud memecah belah militer Ukraina.

Saat ini Discord juga tengah bekerja sama dengan pihak keamanan demi menangani kasus. Discord mengerahkan cara proaktif dan reaktif seperti teknologi machine learning dan mengerahkan banyak moderator untuk menjaga kegiatan pengguna yang melanggar peraturan aplikasi.

Video Game Sebagai Media Tersebarnya Dokumen Rahasia

Video Game Sebagai Media Tersebarnya Dokumen Rahasia

Kejadian yang terjadi pada komunitas Minecraft sampai membuat akun Twitter game War Thunder memberikan respon. Mengingat komunitas gamenya sering menyebarkan dokumen rahasia, game War Thunder memberikan ucapan selamat datang di Club ke Minecraft. Kalian bisa lihat postingannya di bawah ini.

Tersebarnya dokumen rahasia melalui server Discord Minecraft bukanlah yang pertama. Sebelumnya, kasus serupa juga berulang kali terjadi melalui komunitas game War Thunder dimana sejumlah pemainnya pernah menyebarkan dokumen rahasia demi beradu argumen akan akurasi alutsista dalam game.

Kasus juga menjadi semakin marak semenjak terjadinya konflik antara Ukraina dan Rusia. Video game sering kali disalahgunakan demi menyebarkan informasi yang mampu memperkeruh keadaan. Contohnya seperti ARMA 3 yang sempat digunakan sebagai video hoax peperangan Ukraina. Sehingga tak heran apabila banyak developer yang harus bertindak demi menekan kasus yang melibatkan konflik.


Baca juga artike-artikel lainnya terkait Minecraft serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version