Doom Eternal Perlihatkan Gameplay Brutal, Hadirkan “Invasion” ala Dark Souls

DOOM Eternal 6

Doom merupakan salah satu franchise FPS paling legendaris di sejarah gaming. Game satu ini mungkin bukanlah pelopor dari genre first-person shooter, akan tetapi bisa dipastikan jika game dari Id Software ini menjadi game yang populerkan genre tersebut. Membuat reboot dari franchise selegendaris ini menjadi tugas yang penuh resiko, dan untungnya Id Software berhasil mengeksekusinya pada tahun 2015 silam. 3 tahun setelah suksesnya seri reboot tersebut, Bethesda dan Id Software umumkan Doom Eternal pada E3 beberapa bulan yang lalu, namun gameplay masih dirahasiakan pada saat itu. Akhirnya pada hari ini, gameplay dari sekuel yang ditunggu-tunggu ini dipamerkan lewat Quake Con.

Doom Eternal pertahankan gameplay brutal dan cepat yang telah menjadi tradisi dari franchise ini. Untuk membuat sekuel ini lebih baik dari game sebelumnya, Id Software tak hanya sekedar perkenalak senjata baru dan level yang lebih besar, tetapi juga hadirkan beberapa fitur dan mekanik baru. Yang paling mencolok ialah keberadaan grappling hook yang dapat digunakan pemain untuk sesi platforming dan juga saat pertarungan melawan monster-monster neraka. Doom Guy juga diperlihatkan miliki kemampuan dash yang dapat digunakan sebagai taktik manuver pergerakan atau juga untuk menghindar dari serangan musuh. Dengan kedua mekanik baru ini, Doom Guy kini lebih lincah dan gesit dari sebelumnya.

Fitur menarik lainnya dari Doom Eternal ialah Invasion, dimana pemain luar dapat “mengganggu” pemain lainnya dengan masuk kedalam sesi bermain mereka sebagai monster besar untuk membuat pemain yang terkena invasi ini kewalahan. Fitur ini mirip dengan apa yang dimiliki oleh Dark Souls, namun berbeda dengan Dark Souls yang dimana pemain bermain sebagai karakter yang dia bangun sendiri, pada Doom Eternal pemain hanya dibatasi bermain sebagai satu dari kumpulan monster di game.

Dari gameplay 17 menit yang diperlihatkan, Id Software baru sekedar perlihatkan rekreasi dari hell on earth yang menjadi tema utama dari Doom 2 klasik. Id Software janjikan jika sekuel kali ini akan lebih bervariasi dari segi level desain. Tiap level akan miliki “cerita” sendiri karena kini Doom tidak lagi sekedar “game”, Doom Eternal dibangun sebagai expanded universe untuk seri-seri kedepannya.

Doom Eternal akan dirilis untuk PS4, PC, dan Xbox One. Belum ada tanggal rilis diumumkan oleh developer maupun publisher. Namun kemungkinan besar akan hadir pada 2019 mendatang.

Exit mobile version