DoT Honkai Star Rail – Sebagai game turn based, Honkai Star Rail kerap dicap sebagai game yang punya sistem combat dangkal. Hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Memang tampak dari luar game ini tidak punya mekanisme yang ribet.
Tapi, begitu kita sudah memahami apa yang ditawarkan game ini, ternyata ada berbagai mekanik yang sebenarnya cukup dalam dan membingungkan lho, wahai Trailblazer sekalian. Salah satunya adalah mekanisme combat bernama DoT.
Daftar isi
Mengenal DoT Honkai Star Rail, Mekanisme Combat yang Bikin Player Bingung
DoT atau Damage over Time/Damage On Turn adalah fitur mekanisme combat di Honkai Star Rail. Damage DoT berupa sebuah debuff yang memberikan damage tambahan ketika memasuki awal giliran musuh.
DoT memang merupakan damage yang paling membingungkan bagi sebagian pemain Honkai Star Rail karena kalkulasinya yang unik dan cara kerjanya yang berbeda.
Otomatis banyak yang kewalahan ketika build karakter DoT HSR, stat apa saja yang difokuskan? Serta tim apa saja yang cocok untuk mekanisme seperti ini? Tapi kita perlu membahas juga apa yang bukan bagian dari mekanisme DoT.
Kita ambil dari sisi mekanisme bagaimana damage diberikan. Di HSR sendiri, secara overall ada 3 tipe damage secara mekanismenya. Yang umum adalah damage biasa, ini mencakup damage apapun yang dihasilkan oleh skill, normal attack, dan ultimate.
Selain itu ada Follow-up/Automated attack. Biasanya damage ini tidak bergantung pada giliran dan punya turn sendiri. Contoh paling gampangnya adalah talent Herta “Fine, I’ll Do It Myself” yang otomatis trigger ketika HP Musuh mencapai 50% atau dibawahnya, Herta akan melancarkan damage AoE.
Barulah DoT yang dijelaskan diatas. Damage ini biasanya berjumlah banyak dan dalam terlihat kecil tetapi berjumlah banyak. Satu lagi fakta menariknya, DoT tidak bisa crit. Hingga sebenarnya tidak ada gunanya build Kafka atau siapapun itu yang fokus pada damage jenis ini dengan stat Critical Rate ataupun Critical Damage.
Perbedaan Standar dengan Break DoT Honkai Star Rail
Lalu, stat apa yang mempengaruhi DoT? Yang paling berpengaruh ya Break Effect. Karena menurut riset penulis, DoT terbagi dalam dua kategori. Yang pertama adalah DoT standar dimana hanya naik berskala seperti Normal attack pada umumnya. Hanya saja tidak bisa memicu Crit.
Sedangkan yang kedua adalah Break DoT, berbeda dengan DoT standar, jenis damage ini skalanya ikut naik berdasarkan level karakter serta Break Effect. Mari kita bahas dari yang standar terlebih dahulu.
Sesuai namanya, DoT standar merupakan damage yang dihasilkan sesuai dengan tulisan deskripsi skillnya. Contoh: skill Hook yang memberikan 25% DoT sesuai Attack yang dimiliki Hook pada awal giliran jika skill itu terpicu dalam kondisi musuh terkena efek Burn.
Kalau Break DoT, kalkulasinya lebih rumit. Jenis damage ini adalah sebuah debuff yang diaplikasikan ketika musuh mengalami weakness break. Sesuai yang sudah kita bahas, jenis DoT ini bergantung pada level karakter, Break effect, DEF musuh, RES musuh, serta Toughness.
Break DoT adalah salah satu yang punya kalkulasi membingungkan karena banyak variabel yang harus diperhatikan dan semuanya punya kalkulasi yang berbeda-beda, tergantung element yang men-trigger damage tersebut.
Element DoT HSR dan Kalkulasinya
Untuk Physical DoT (Bleed), damage yang dikalkulasikan berdasarkan jenis musuh seperti musuh normal, elite, atau boss. Bleed juga mempertimbangkan antara dua base damage, yang pertama adalah Max HP atau Break Damage. Mana yang paling kecil nilainya akan digunakan sebagai base damage multiplier.
Berbeda dengan Bleed, Wind DoT (Wind Shear) bergantung pada base damage. Hanya saja tidak semudah itu kalkulasinya karena sesuai jenis musuh akan ada perbedaan stack Wind Shear yang teraplikasikan. Untuk musuh Elite stack yang diaplikasikan adalah 3, untuk musuh normal adalah 1 stack.
Untuk Entanglement (Quantum), Frozen (Ice), dan Imprisonment (Imaginary) punya cara kerja yang mirip-mirip. Bedanya Entanglement punya sistem stack dimana semakin banyak stack yang diberikan maka damage akan semakin besar.
Sedangkan Imprisonment tidak memberikan damage sama sekali namun mirip seperti Entanglement, memundurkan giliran musuh (Imprisonment melambatkan namun prinsip kerjanya masih mirip). Kalau Frozen (Ice) langsung skip satu giliran musuh.
Best Team DoT HSR
Selanjutnya mari kita bahas tim apa saja yang bisa dibawa untuk memaksimalkan DoT HSR kalian. Sebenarnya tim yang bisa memaksimalkan DoT jumlahnya juga tidak terlalu banyak ketika artikel ini dibuat. Karakter yang paling disarankan untuk damage jenis ini adalah Kafka yang mana kit-nya memang dikhususkan untuk bermain tipe damage ini.
- Best Team DoT: Kafka (DPS), Luka atau Sampo (DPS), Silverwolf (Support), Luocha (Healer)
- Alternative Team DoT: Kafka (DPS), Serval (DPS), Pela (Debuffer), Tingyun/Bronya (Support), Gepard (Tanker) atau Bailu (Healer)
- Tim F2P bisa gantikan karakter tersebut dengan Sampo, Luka, Natasha (healer), dan March 7th (tank).
Tl;dr: Intinya build Break Effect sangat disarankan untuk tim DoT jadi sebisa mungkin fokus pada stat tersebut.
Jadi itu saja sedikit perkenalan soal mekanik DoT Honkai Star Rail untuk kalian yang masih belum tahu. Bagaimana apakah sesudah membaca artikel ini jadi lebih paham atau malah makin bingung? Kalau penulis sih yang kedua ya.
Tapi kalau bingung soal build karakter terutama Kafka, kalian bisa cek artikel kami sebelumnya. Next mau bahas apa lagi, brott? Kalian yang butuh Stellar jade tambahan juga bisa baca artikel kami soal redeem code yang selalu update tiap versi, brott.
Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait HSR atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.