Dota 2 : Centaur Menapakkan Kakinya Kembali Ke Meta Game

in

Setelah sempat tenggelam kepopulerannya selama setahun terakhir, Centaur merupakan hero yang bisa dibilang opsional. Dipick sewaktu-waktu ketika sebuah tim ingin memainkan srategi-strategi yang unik. Contohnya ketika illidan.STR dari virtus pro sempat mempopulerkannya beberapa waktu lalu dengan memainkannya di posisi solo safelane. Sungguh unik bukan? Strategi seperti ini biasanya digunakan untuk menekan ruang lingkup posisi safelane lawan dengan mengirim 3 hero harass  kalau mereka ngepick hero carry seperti Anti Mage, Spectre, Drow Ranger dll.

Di Nomor 2 Kan

Salah satu alasan centaur kurang populer sebelum nya adalah Slardar. Setiap kali sebuah tim memerlukan hero offlane dengan kemampuan stun area slardar selalu dinomor 1 kan. Amplify damage dianggap sebagai ability yang sangat berharga dalam team clash.

Akan tetapi setelah keluar update yang merubah ulti centaur dari Great Mortification yang hanya menambah stats 25 str menjadi Stampede yang membuat movement speed hero allies ke titik maksimal “with zero collition” artinya bisa menembus apapun dan menaiki terrain apa pun. Kesuksesan centaur pada meta ini ditenggarai disebabkan oleh 2 hal :

  • Rentetan buff yang dilakukan pada centaur

Valve tentu saja tidak tinggal diam ketika ada centaur tenggelam dan menghilang dari peredaran. Maka dari itu valve akan berusaha melakukan apapun untuk membuat dota 2 menjadi sebalance mungkin. Nah alat untuk mencapai tujuan ini adalah “Buff” dan “nerf”. Pada kasus centaur puncaknya terjadi pada patch 7.00 setelah hanya menerima buff pada beberapa update terakhir pemain pro akhirnya tergiur untuk memainkannya.

  • Kepopulerannya di Kiev major

Di CIS Major qualifier saja Centaur Di Pick sebanyak 25 kali, menjadikannya hero nomor 3 paling populer. Tak hanya itu, kepopulerann centaur dibarengi dengan bukti kehandalan hero ini dengan catatan 64% win rate di Kiev Major dengan 4,1 KDA rasio.

Centaur Hari Ini

Centaur pertama kali populer di game public. Ketika beberapa pro mencoba-coba item build dan role untuk menyerasikannya dengan game play 7.00 yang terbilang “fast paced” dan menitik beratkan pada clash-clash early game. Menjadi salah satu hero yang paling dominan di meta 7.00 centaur bertengger di angka persentase 54,02% rasio menang di kalangan 5k MMR.

Di kalangan skill bracket papan bawah(2-3k MMR) rasio kemenangan centaur bahkan lebih tinggi mencapai angka 57.80%. Beberapa karakteristik Centaur unjuk gigi dengan angka diatas antara lain :

  • Rajanya Early Game

Salah satu isu terbesar bagi para pemain centaur adalah timing untuk menyertakan diri ke dalam clash. Kalau kamu terlalu lama stay di lane untuk farming dagger, maka masa kefektifan centaur sudah basi. Bisa saja carry musuh sudah terlanjur jadi, atau lane bawah yang sudah tembus sampai barak dll. Intinya kamu berpacu dengan waktu agar menjadi hero offlaner yang efektif kalau kamu bermain Centaur.

Hal ini sudah bukan masalah dengan di buffnya “Return” yang membuat kamu semakin leluasa farming di Lane, Durasi cooldown “Double Edge” yang diperpendek, dan pembagian damage yang diperbaiki membuat kamu lebih leluasa farming dilane sehingga lebih cepat deh kumpul duitnya buat beli item core.

  • Multi Talent

Bisa dibilang primetime nya centaur adalah middle game. Saat carry musuh belum mencapai potensi penuhnya. Centaur hadir sebagai momok bagi hero-hero berdarah tipis. Seperti yang kita bahas sebelumnya centaur juga merupakan hero yang tangguh di early game dengan skill ultimate yang tetap berguna bahkan ketika game memasuki tahapan akhir.

Ketiga hal ini membuat centaur menjadi hero yang sangat multi guna mulai dari tanker, initiator, support bahkan carry.

  • Fleksibilitas item build

Salah satu alasan  lain yang membuat centaur sangat digemari diajang kompetitif adalah fakta bahwa centaur tidak memerlukan banyak item core untuk bisa berfungsi secara optimal. Minimal tranquil boots dan blink dagger maka you’re ready to go.

Ketika 2 item itu sudah terpenuhi maka pemain bebas memilih item dan gaya bermain sesuai dengan situasi dan kondisi game. Mulai dari bertahan dengan blademail, shivas guard, vanguard, pipe of insight. Menyerang dengan medallion of courage, lotus orb,veil of discord.

Bahkan keberagaman centaur sampai pada permainan aktif dengan force staff, refresher orb, octarine core dan aghanim membuat hero ini sebagai salah satu hero multi fungsi papan atas pada patch ini.

Kesimpulan

Walaupun dominasi centaur sangat berkaitan dengan meta yang sedang berlaku, kami rasa kepopuleran hero ini belum akan pudar selama slardar merupakan pilihan yang populer sebagai support posisi 4. Kami prediksikan kepopuleran 2 hero ini paling tidak bertahan sampai patch 7.2.

source : Na’vi official

 

Avatar

Written by Ryan Wirawan