Dota 2 Kemarin dan Kini, Patch 6.86

dota2 fanart01 by crow god d84ek06

Kita akan membahas beberapa hero di masa lalu yang berjaya, hero-hero yang untouchable, yang pasti di pick di awal, dan win ratenya luar biasa. Seperti yang kita ketahui bersama, valve melakukan update dengan teratur untuk menyeimbangkan ekosistim dota 2 agar permainan tidak monoton. Mungkin si “valve” lagi kasmaran dengan yang namanya “come back is real”.

Okeh langsung saja kita masuk ke pembahasan, yang bakalan di bahas kali ini adalah 5 hero fenomenal nan luar biasa di zamannya :

  1. Winter Wyvern
  2. Tusk
  3. Slardar
  4. Windranger
  5. Shadow fiend

Bagi kalian yang sudah bermain dota dari 1 abad yang lalu pasti kalian bisa membayangkan perubahan ke 5 hero di atas. Perubahan ini terlihat jelas saat kalian melihat international tournament sebelum update dan setelah update. Perubahan pola pick pemain kelas dunia yang terus berubah sejalan dengan hadirnya “Meta” baru. Lanjut kita akan bahas tuntas 5 hero di atas.

Winter Wyvern

via neondion60.deviantart.com

Tamat sudah era kejayaan Winter Wyvren, hal ini di pengarui oleh nerfing yang dilakukan di update terbaru yang membuat hero ini yang pada awalnya adalah “super support role” menjadi “super unknow role”. Hero ini muncul tanggal 12 feb 2015 hampir setaun kita sudah mengenal hero ini, semenjak update 6.86 semuanya berubah, dia tidak lagi sayang (eh salah, maaf gak konsen efek kelamaan jomblo), hero ini jadi kurang greget untuk hal support karena Valve meningkatkan coldown skill “cold embrace” dan “winter curse” kemudian mengurangi efek slow “artic burn”. Menurut data statistik penggunaan hero ini juga menurun drastis semenjak update terbaru, tidak cuma sampai disitu, win rate juga terus menurun dari waktu ke waktu. Ternyata peran patch sangat besar ya guys. kayak mantan yang kembali untuk pinjem duit.


Tusk

Well, siapa yang tidak tau tusk? initiator Hero yang bikin kita galau kalau udah kena skill “ice shards”, berikut “adalah ketidakadilan” yang diberikan Valve dimulai dari peningkatan biaya mana “ice shards” (mungkin terpengaruh kenaikan harga bbm waktu itu) kemudian pengurangan jarak “snowball” pengurangan damage “ice shards” penurunan speed dan yang terakhir adalah peningkatan coldown “walrush punch”. Tusk benar – benar di miskinkan guys, ini tidak adil, kita harus demo, mendemo penurunan harga rental game / jam (emang agak gak nyambung). Well inilah hidup… be strong Tusk.


Slardar

Kita telah membahas support role, initiator role yang gagal. Kali ini kita akan membahas carry hero, dia bernama Slardar, seorang carry yang pada masanya pernah gagal namun dihidupkan kembali oleh new “META” melalui kerja samanya dengan windranger. Hero satu ini kurang begitu popular jika dibandingkan beberapa hero carry lain kecuali si musuh memilih hero bertipe invisible. Tanda – tanda hero ini kembali popular ketika Valve mulai melakukan patch 6.52b, semenjak itu Valve terus melakukan upgrade positif mulai dari penambahan damage hingga penurunan cooldown.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Hero ini lebih beruntung dibanding 2 hero sebelumnya yang mengalami penurunan performa drastis. Dengan cooldown “amplify damage” yang awalnya 30 menjadi 25 menjadikan hero ini lebih sering tebar pesona, eh salah tebar skill setiap waktu, sayangnya dari perubahan perubahan positif ini tidak berjalan mulus, mulai update 6.86 “amplify damage” tidak lagi bias mengintip mantan pacaran, eh salah, tidak lagi bisa melihat area target yang terkena damage. Ya begitulah roda, kadang di atas kadang gak turun-turun (lho?).


Windranger

Taukah kalian bahwa hero ini pada awalnya sangat tidak berguna, peningkatan peformanya diawali di patch 6.81 dengan munculnya efek aghanim pada “focus fire”. Jika dibandingkan dengan Mirana sebelum patch 6.81, mirana jauh lebih baik dibanding windranger. Buat kalian yang memperhatikan perubahan windranger sebelum dan sesudah patch 6.81 kalian akan paham perubahan role dari hero ini. Pergeseran “role”nya luar biasa besar, “from zero to hero”.

Kepopuleran hero ini terus meningkat ketika hero ini digunakan Sumail (Team Secret) melawan EG di TI5. Kepopuleran ini terus meingkat di MLG World Finals, Nanyang Championship, dan Frankfurt Major. Beberapa saat yang lalu banyak orang meminta “nerf” untuk hero ini agar dominasinya berkurang, tapi jika dipikir ulang Hero ini tidak terlalu dominan ketika tidak mempunyai “blink dager” untuk melakukan “shackleshot”. Well apapun yang terjadi kemudian kita ikuti saja alur Valve.


Shadow Fiend

Hero satu ini gak ada matinya, udah cuma mau bilang gitu aja. Hero yang dari jaman dahulu jadi pilihan pemain mid line. Valve memberikan nerf pada update kali ini tapi selain nerf valve juga memberikan hadiah yaitu “Scepter add”, hari ini ketika kalian bermain Sf kalian harus memperhitungkan mana karena mulai 6.86 mana untuk skill “shadow raze” naik menjadi 90 (padahal kan harga minyak dunia turun). Kepopuleran hero satu ini relative stabil di banding ke empat hero sebelumnya yang kita bahas.

Oke guys sekian pembahasan kali ini, semoga informasi di atas bisa membantu meningkatkan skill kalian dan perlu kalian perhatikan adalah, hari ini informasi update akan sangat membantu kalian memilih hero untuk meingkatkan “win rate”.

Exit mobile version