Dota 2 VR Spectator Experience: Masa Depan Menonton Dota 2?

in , ,

Virtual Reality atau VR kelihatannya terus akan menjadi topik utama dalam perkembangan dunia game bertahun-tahun kedepan. Meskipun terbilang masih baru dan masih belum bisa bekerja maksimal di semua game, VR terus menunjukkan perkembangan dalam implementasinya terhadap permainan. Apabila beberapa pengembang berfokus untuk mengembangkan VR sebagai bagian dari implementasi lanjutan dari permainan dengan pandangan orang pertama (First-Person), seperti munculnya game-game dengan dukungan VR seperti Superhot VR, Elite Dangerous, dan tentunya yang paling ambisius, Sword Art Online: The Beginning. Valve pun tentuny tidak ingin tertinggal dari hype VR, tapi bukan Counter Strike: VR ataupun Left For Dead VR yang dirilis oleh Valve. Namun, malah VR untuk game Moba mereka, Dota 2.

Penerapannya VR dalam Dota 2 pun bisa dibilang unik, karena ia pun tidak akan memaksakan bahwa VR merupakan bagian ketika kamu sedang bermain. Melainkan ia diaplikasikan ketika kamu sedang menonton pertandingan atau yang disebut Spectator Mode. Bila biasanya spectator mode ditampilkan sama ketika kamu bermain, spectator VR mode menawarkan pengalaman yang berbeda untuk hal tersebut. Ketika kamu mengaktifkannya, kamu akan dibawa ke sebuah Lobby menu yang bisa kamu eksekusi menggunakan VR. Dan ketika kamu akan menonton pertandingan, entah itu Live ataupun Replay dari pertandingan yang ada kamu akan berpindah ke sebuah teater luas, dengan tampilan layar besar layaknya di bioskop. Plus, kamu bisa melihat hero-hero yang digunakan beserta itemnya dalam bentuk 3 dimensi. Untuk pengalaman yang lebih keren, kamu juga bisa langsung masuk ke map dan melihat jalannya pertandingan secara langsung dari dalam arena. Kamu bisa bergerak bebas di dunia Dota 2 tersebut, meskipun tentunya kamu tidak bisa berinteraksi lebih lanjut di sana.

Hingga saat ini dukungan Spectator VR ini hanya bisa digunakan oleh HTC Vive, namun kedepannya Valve berencana akan mengaplikasikannya ke perangkat VR lain seperti Oculus. Update yang ditambahkan menyambut even turnamen The International 2016 ini juga sudah bisa kamu gunakan apabila kamu telah memiliki perangkat HTC Vive dengan menyentang pilihan DotaVR di kolom DLC Dota 2. Tertarik untuk membeli VR?

 

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]