[Drama] Mantan Tester Fortnite Dituntut Epic Games karena Membocorkan Spoiler mengenai Meteor

7a0fb21a df9e 490a 894e 3d44a87d59fd

Bukan sebuah masalah sepele ?

Sebuah kabar mencengangkan kali ini datang dari sebuah game yang sekarang sedang digadang-gadang sebagai trendsetter baru di dunia game-game battle royale, Bukan PUBG, melainkan Fornite melalui developernya Epic Games baru saja telah menggugat seorang mantan pegawainya sendiri yang bernama Thomas Hannah. Sang mantan pegawai yang pada waktu itu bekerja sebagai tester game diduga telah membocorkan sebuah informasi rahasia ke publik mengenai update Season 4 Fortnite yang sempat meluncur di awal bulan Mei lalu.

Sebuah informasi konten yang bocor tersebut adalah informasi mengenai lokasi jatuhnya meteor yang nantinya akan mengubah sedikit layout map di dalam game Fortnite. Dimana bagi Epic Games, informasi itu sangatlah vital untuk sampai bocor sebelum waktunya tiba. Semuanya berawal dari munculnya sebuah postingan reddit yang membocorkan hampir semua info mengenai update season 4 Fortnite setelah 3 minggu Thomas memutuskan untuk resign atau keluar dari Epic Games di tanggal 4 April kemarin.

Menariknya, informasi tersebut tidak dibocorkan secara langsung oleh Thomas sendiri, melainkan oleh seorang user Reddit yang menamai dirinya sebagai internetadam. Sang user Reddit yang diketahui bernama Adam DiMarco ini telah membocorkan informasi spoiler yang ternyata didapatnya melalui Thomas Hannah. Mengetahui bahwa Thomas juga ikut terlibat, ia dianggap sudah melanggar perjanjian tertulis yang sudah ia tanda tangani bersama dengan epic games. Terutama mengenai jaminan kerahasiaan dari sebuah informasi penting yang ia dapat semasa bekerja di sana.

Dalam isi tuntutan yang dilayangkan oleh Epic Games, developer Fortnite tersebut mengklaim bahwa mereka telah mengalami kerugian yang cukup besar akibat perbuatan Thomas selaku pihak yang tergugat. Lalu di sana juga dikatakan bahwa uang jaminan saja dianggap tidaklah cukup untuk menutupi kerugian yang mereka terima dan berencana untuk menuntut Thomas langsung ke ranah meja hijau.

Gara-gara dikepoin ?

Thomas sendiri pun tidak diam, ia juga melayangkan sebuah pembelaan yang menyatakan bahwa dirinya tidak pernah berniat untuk dengan sengaja membocorkan spoiler tersebut. Thomas memang membenarkan bahwa dirinya sempat berbicara dengan Adam selaku sang user reddit yang membocorkan, namun dalam konteks bahwa ia memaksa dan menghujani Thomas berbagai macam pertanyaan mengenai update season 4 dari Fortnite, terutama mengenai lokasi dari jatuhnya sebuah meteor.

Lokasi jatuhnya meteor (Dusty Depot)

Thomas tidak secara langsung menjawab pertanyaan yang dilayangkan oleh sang user reddit itu, ia hanya mengatakan bahwa meteor tersebut tidak akan jatuh di tempat itu (di Tilted Towers). Lalu Adam dengan keponya mencoba menganalisa dan menebak secara mandiri mengenai lokasi jatuhnya meteor, lalu menginformasikannya secara sepihak tanpa sepengetahuan Thomas. Hebatnya, tebakan Adam bahwa meteor tersebut akan jatuh di Dusty Depot ternyata tepat dan justru malah membuat Thomas berada di dalam posisi yang sulit.

Adam sendiri tidak tercatut sebagai pihak yang dituntut oleh Epic Games, dikarenakan bahwa ia tidak ikut menadatangani hitam di atas putih sebuah surat perjanjian yang ditetapkan Epic Games kepada seluruh pihak-pihak yang terlibat langsung dengan mereka.

Semoga hal ini bisa menjadi pelajaran bagi kalian untuk berhati-hati dan selalu memperhatikan baik-baik kontrak ataupun surat perjanjian yang harus kalian tanda tangani ketika sudah diterima bekerja di sebuah perusahaan besar. Jangan sampai kejadian yang dialami oleh Thomas bisa terjadi pula ke kalian sebagai para pembaca Gamebrott baik secara disengaja ataupun tidak. Lalu kami juga berharap agar permasalahan antara Thomas dan Epic Games ini bisa segera diselesaikan secara kekeluargaan tanpa harus capek-capek merugikan satu sama lain di dalamnya.

 

Exit mobile version