DreadOut : Lebih dari Sekeder Game Horror dengan Universe dan Konflik Keluarga!

ada0a7ae0f465b6de68b7a41b5b4433d

*Tuilsan ini sendiri berisi semua cocokologi dan fans teori terkait DreadOut, saya sangat menerima komentar dan pertukaran pikiran terkait game horror yang satu ini*

Lebih baik terlambat atau tidak sama sekali,mungkin pepatah itulah yang tepat menggambarkan isi artikel berikut. Dimana pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah game bergenre horror garapan pengembang asal Indonesia, Digital Happiness yaitu DreadOut. Kenapa saya sebut terlambat? Meskipun saya sempat memainkan versi demo dari game yang satu ini pada tahun 2014 silam, jujur saja saya baru menyelesaikan keselurhan game ini baik dari versi DreadOut dan DreadOut Keepers of Darkness pada tahun 2019. Setelah menyelasikan kedua game inilah saya baru benar-benar memahami bahwa DreadOut sendiri adalah sebuah game horror yang memiliki sebuah cerita yang cukup kelam. Apalagi jika ditambah dengan pemahaman kalian tentang versi movie dan komik dari DreadOut, saya pastikan tidak ada review gagal paham versi movie dan kebingungan beberapa plothole diversi gamenya dimana ada bagian yang dianggap terjadi begitu saja oleh para pemainnya. 

Sebelum memulai artikel berikut ini ijinkan saya sedikit bercerita. Bahwa dalam memahami sebuah karya ada baiknya kita memahami secara totalitas, agar pesan yang coba disampaikan  bisa kita terima dengan baik. Seolah ingin mengkritis artikel miliki teman saya yang satu ini “Ini Dia 6 Perbedaan Antara Film Terbaru “Dreadout” Dengan Versi Gamenya”, bahwa DreadOut bisa dibilang telah diproyeksikan oleh sang pengembang bukan hanya sekedar sebuah video game, melainkan sebuah universe yang diwakilkan lewat karya-karya lain lewat media film dan komik yang memiliki kesinambungan cerita. Gagal paham sebagian orang terhadap film DreadOut sendiri, yang kebanyakan datang dari para pemain gamenya dikarenakan, mereka menganggap bahwa DreadOut Movie sendiri merupakan sebuah film adaptasi yang akan mengadopsi keseluruhan cerita gamenya, padahal DreadOut Movie ditempatkan sebagai sebuah “Prequel” dari DreadOut Universe. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, ijinkan saya membahas cerita DreadOut Universe secara keseluruhan dari cerita versi Movie, komik, dan game.


*Sebelum membaca lebih lanjut bagian ini ada baiknya kamu menonton terlebih dahulu DreadOut Movie yang bisa kamu tonton via Netflix, mengingat bagian ini akan mengandung spoiler*

Versi Movie : Asal Musal Universe DreadOut

Mungkin sebagian orang menganggap bagian pembuka dari DreadOut Movie adalah bagian paling tidak jelas dan tidak ada hubungannya dalam versi game. Okey, mungkin saya setuju untuk adegan dimana Linda saat berkerja paruh waktu disebuah minimarket dan beberapa adegan setelahnya, namun bagian awal saat Linda masih kecil menjadi bagian terpenting dalam DreadOut Universe. Bagian ini bisa dibilang menjadi dasar cerita keseluruhan dari petualangan Linda, dimana dalam adegan tersebut terlihat Ibu Linda yang dipaksa untuk membuka sebuah portal gaib oleh sebuah sekumpulan orang. Dimana cerita DreadOut sendiri akan berfokus oleh Keluarga Linda dan sebuah perkumpulan misterius yang identik dengan Tato Ular yang dalam versi filmnya diwakilkan oleh Benny yang merupakan Anak dari Ibu Sisca sang antagonis utama DreadOut versi Game! Layaknya prequel pada umumnya tentunya Dreadout Movie diproyeksikan sebagai sebuah penghubung antara cerita versi gamenya, oleh karena itu sang pengembang juga menempatakan karakter-karakter yang  memiliki peranan penting dalam versi game untuk muncul diversi Movienya seperti Ibu Siska dan sahabat Linda, yaitu Ira. Hal ini semakin meyakinkan saya bahwa dimasadepan nanti DreadOut Movie akan mendapatkan sebuah sequel dengan mengadaptasi cerita asli dari videogamenya. 

Ibu Siska diversi DreadOut Movie

Penampakan Ira versi film. Banyaknya karakter versi game yang muncul DreadOut Movie, berikan sinyal bahwa DreadOut 
Movie Bakal dapat sequel.

Okey mari kita kembali lagi kepembahasan utama cerita DreadOut Movie. Setelah beberapa adegan mencekam dan menegangkan difilmnya, mulai terkuaklah beberapa hal yang menjadi penghubung utama antara DreadOut Movie dan Gamenya. Pertama adalah, konflik awal DreadOut Universe dimulai antara dua perseturan dua kelompok, yang pertama adalah Garis keturunan Linda (Ibu Linda dan Linda) yang memiliki tugas sebagai pembuka portal atau penghubung antara alam manusia dan arwah, dan perkumupulan yang identik dengan Tato Ular yaitu Benny dan Ibu Siska. Sejak awal cerita sendiri, Linda sudah diincar oleh  sebagai perantara pembuka portal untuk memuluskan tujuan utama perkumpulan rahasia tersebut guna mengincar mustika sang Lady in Red yang berupa sebuah keris. Sejauh ini saya masih belum mengetahui apakah tujuan perkumpulan tersebut mengincar mustika keris dari sang Lady in Red tersebut. Semoga saja misteri mustika keris tersebut terjawab di squel game DreadOut yang kemungkinan besar akan dirilis pada tahun 2020.

Asal musal kekacuan di Universe DreadOut

Perkumpulan dengan Tato Ular sumber masalah di DreadOut Universe?

Konflik kedua adalah, dan bagian yang menurut saya paling gelap dari cerita DreadOut Universe adalah bagian mid-credit scene dimana pada bagian itu terlihat Benny yang gagal menjanlakan rencananya untuk mengambil mustika keris Lady in Red harus terjebak di alam roh. Hal yang membuat siapapun yang memainkan game DreadOut berteriak dalam hati “OOOO Ternyata gitu” dimana  Ibu Sisca sendiri adalah Ibu Kandung dari Benny, dimana di Scene terakhir terlihat Benny menelpon Ibunya untuk meminta tolong membebaskan dirinya yang terjebak bersama Lady in Red di alam roh. Hal inilah yang menjadi awal cerita sekaligus penghubung dari DreadOut versi Movie dan Gamenya. Dimana motif Bu Sisca mengajak Linda dan teman-temannya “berlibur” adalah demi menyelamatakan anaknya yaitu Benny yang terjebak dialam roh, dengan menuntun Linda ketempat yang menjadi setting di DreadOut Game.

Mid-Credit DreadOut versi Movie adalah pembuka dari DreadOut Versi Game

Apakah alasan Bu Siska mengajang Linda berlibur diversi game untuk menyelamatkan Benny?

Versi Komik : Menjelaskan yang Kurang Jelas Diversi Game

Jika versi movie sendiri DreadOut merupakan prequel dan menceritakan asal muasal univesrenya, versi komik dari game yang satu ini lebih mengambil sudut pandang beberapa bagian yang tidak dijelaskan dalam video gamenya, yang disesuaikan dengan judulnya DreadOut Untold Stories. Sehingga event-event yang serasa muncul begitu saja diversi game, dijelaskan lebih rinci diversi komiknya. Bagi kalian yang masih penasran tentang cerita versi komik dari DreadOut bisa mengunjungi situs baca komik online Ciayo Comic

Wajib Baca DreadOut versi Komik untuk menjalaskan beberapa bagian di versi videogame

Seperti Bennya, Bu Siska juga berusaha menjebak Linda untuk bisa bertemu Lady in Red

Beberapa adegan yang hilang diversi video game dijelaskan dengan begitu jelas diversi komiknya seperti, dimana Ibu Siska mengajak Linda dan temannya-temannya liburan, Ira mengamuk karena kesurupan, kemudian dia diikat dibagian awal game, serta Luka dileher Bu Siska yang terjadi karena gigitan Ira. Selain itu adegan Doni sebelum kesurupan dan kematian Shelly dipuskemas yang mati secara misterius diceritakan sangat jelas diversi komik. Sayangnya project komik DreadOut sendiri harus berhenti ditengah jalan dikarenkan sang pengarang sedang fokus dalam pengerjaan DreadOut 2 dan promosi film DreadOut kala itu. Namun ada sesuatu fakta menarik yang tidak kita jumpai diversi game maupun versi movienya, dimana diketahui bahwa Ibu Sisca merupakan keturunan dari sebuah Keluarga yang memang sedari awal mengincar sesuatu hal dari sang Lady in Red, yaitu Keturunan Gandasasmita. Selain itu, asal usul kota tua diversi game sendiri merupakan tempat yang sedari dulu angker, yang dijelaskan dengan ada kejadian kesurupan masal hingga beberapa hint pada era penjajahan Portugis yang juga munucl diversi Movie.


Benang Merah Universe DreadOut Sebagai Pengantar Cerita DreadOut 2

Okey mari kita bahas benang merah sekaligus fakta apa saja yang sudah ada DreadOut Universe yang tersebar divideo game, movie, dan komik, yang kemungkinan besar akan menjadi dasar cerita dari DreadOut 2 itu sendiri. :

1.Perseturan Keluarga Gandasasmita dan Garis Keturunan Keluarga Linda

Bisa dibilang DreadOut sendiri memiliki cerita yang akan berfokus pada perseturan dari kedua keluarga yang pertama adalah Keturunan Gandasasmita dan Keturunan Keluarga Linda. Diversi movie dan komik sendiri Keluarga Gandasamita sendiri memang begitu teropsesi dengan mustika dari sang Lady in Red, sedangakan Garis Keturunan keluarga Linda sendiri didalam DreadOut Universe sendiri digambarkan sebagai sebuah keluarga yang mampu berhubungan dengan dunia roh atau yang dikenal sebagai seorang Cenyang. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh keluarga Gandasamita untuk mencapi tujuannya. Jadi bisa dibilang hampir semua keselurhan cerita di DreadOut Universe diakibatkan oleh ulah keluarga Gandasamita.


2.Apartemen Lama Linda, dan Korelasi dalam Versi Game

Teori selanjutnya adalah Apartemen Lama Linda diversi Movie adalah setting tempat yang sama digunakan sebagai setting tempat diversi game. Mungkin teori ini sedikit terdengar cocokologi, namun jika kita cermati terdapat beberapa kemiripan yang mungkin bisa menjelaskan tempat itu memanglah satu tempat yang sama. Hal ini bisa dilihat dari keturunan Gandasasmita yang selalu mengarahkan Linda ketempat yang sama. Diversi Movie Benny mencoba mengarahkan Linda ke apartemen lama tersebut untuk membuka protal, sedangkan diversi game Bu Siska juga juga mengarahkan Linda ketempat misterius yang ujungnya menembus portal ke dunia roh tempat Lady in Red berada. 

Jadi bisa dbilang apartemen tempat Linda tinggal diversi movie, dan sekolah kuno yang munucul diversi game berada ditempat yang sama. Ditambah lagi dua fakta yang muncul diversi komik dan moive yang bisa memperjelas hal tersebut. Dimana asal usul tempat tersebut memanglah tempat angker yang diperjelas dengan manuskrip kuno yang muncul diversi movie. Sedangkan diversi komik, tempat tersebut memang adalah tempat tinggal Lady in Red dan menyebabkan kesurupan masal diversi komik. Singkatnya apartemen Linda diawal DreadOut Movie tersebut berada dikota yang sama dengan  kota misterius yang muncul diversi game. Menurut teori, saya bisa menyimpulkan bahwa pada versi game Linda terlempar kedunia roh pada tahun 1985 dimana kota tersebut menjadi kota mati karena persitiwa kesuruapan masal, sedangkan diversi movie Linda terlempar keera zaman penjajahan Portugis. 


3.Prediksi Cerita DreadOut 2

Dengan adanya beberapa fakta diatas kita jadi bisa sedikit meraba-raba akan seperti apakah cerita yang akan DreadOut 2 nantinya. Bagi kalian yang sudah memainkan keseluruhan game DreadOut tentunya akan paham, jika diakhir cerita sendiri Linda sudah menjadi seorang Keeper of Darkness setelah berhasil menjalani tes dari Lady in Red di Game Dreadout Keeper of Darkness. Dimana Linda mampu melihat sosok roh dan hantu tanpa harus menggunakan Iris Phone. Kemampuan tersebut juga mulai diperlihatkan di trailer DreadOut 2 dimana, Linda bisa menyerang para sosok hantu dan roh menggunakan sebuah senjata tajam. Lalu siapakah yang akan menjadi musuh utama dalam squel game yang satu ini? Berdasarkan beberapa hint yang sudah ada diatas, kemungkinan besar kita akan menghadapi Keturunan Gandasasmita, yang tidak bukan akan diwakilkan oleh Bu Siska. Lalu bagimana nasib bayi yang dibawa oleh Bu Sisaka yang terlihat diending game DreadOut? Apakah dia sosok Benny yang ada diversi Movie? Atau antagonis baru yang merupakan perwujudan dari mustika dari Lady in Red? Menarik untuk kita simak saat perilisan squel dari DreadOut 2 nanti.


Segala hal diatas masih sebatas cocokologi dari penulis yang sejauh ini belum ada konfirmasi dari sang pengembang apakah DreadOut sendiri memiliki sebuah universe yang mungkin saling berhubungan satu sama lain lewat karya movie dan komik. Meskipun itu ada beberapa hal yang terkesan saya paksakan dalam tulisan cocokologi ini, mengingat versi game dan karya-karya lainnya dibuat lebih dulu oleh sang pengembang, sehingga terasa kurang nyambung. Apapun itu bentuknya DreadOut telah berhasil menjadi sebuah fenomena game horror yang telah berhasil menyajikan terror dan cerita yang menurut saya pribadi begitu berat, karena jika mengacu pada terori-teori diatas konflik yang ada dalam game yang satu ini berasal dari manusia sendiri, dimana konfilk antara Keturunan Gandasasmita dan Keturunan Keluarga Linda? Jadi setannya cuma jadi korban ketamakan manusia dong? Menurut saya sih begitu!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Opini dan berita tentang DreadOut serta artikel keren lainnya dari Andi Permana.

Exit mobile version