Dualsense Bisa Digunakan di PS3 dan Nintendo Switch, Tapi tidak di PS4

in , , , , ,
Dualsense Controller
Dualsense Controller

Beberapa hari yang lalu, Sony merilis Dualsense dan sudah tersedia di beberapa negara secara online atau di toko tertentu. Beberapa fans pun sudah mulai mencoba kemampuan dari controller buatan Sony tersebut. Meskipun dibuat khusus untuk PS5, siapa sangka bahwa Dualsense lancar digunakan di PS3 dan juga di Nintendo Switch. Namun anehnya, controller tersebut tidak bisa digunakan di PS4.

Seorang Youtuber, Mystic, merilis video unboxing Dualsense dimana dia mencoba menyambungkan controller ke PS3. Prosesnya pun ternyata benar-benar mudah, hanya cukup menyambungkan dengan kabel USB dan bisa langsung digunakan tanpa perlu adanya pengaturan tambahan. pada video tersebut, ditunjukan semua tombol berfungsi dengan baik di menu utama PS3, setelah itu, Mystic juga mencoba memainkan game Motorstorm dan terlihat tidak ada kendala. Sayangnya, controller tidak bisa digunakan secara nirkabel atau wireless serta fitur-fitur khusus Dualsense seperti Playstation Button, Adaptive Trigger dan Haptic Feedback tidak dapat digunakan karena hanya eksklusif untuk PS5.

Uniknya lagi, Dualsense pun juga dapat digunakan untuk Nintendo Switch. Seorang pengguna Twitter BrokenGamezHDR_ mengunggah video yang menunjukan controller yang berfungsi dengan baik di Nintendo Switch, tetapi dibutuhkan alat tambahan 8bitdo Adapter untuk menyambungkan controller ke konsol melalui Bluetooth. Namun, sama halnya seperti PS3, fitur-fitur khusus Dualsense tidak bisa digunakan.

Sayangnya, Dualsense tidak bisa digunakan di PS4 secara langsung. Meskipun ada cara alternatif yaitu menggunakan Remote Play, namun tidak direkomendasikan karena dibutuhkan koneksi internet yang sangat cepat serta keterbatasan resolusi yang membuat bermain game menjadi kurang ideal.

Dualsense kini sudah tersedia secara online dan di beberapa toko tertentu. Sedangkan untuk PS5 akan hadir pada tanggal 12 November 2020 di negara-negara tertentu seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia, Canada, Mexico, Selandia Baru, dan Korea Selatan dan akan rilis di Eropa, Timur Tengah, Amerika Selatan, Asia, dan Afrika Selatan pada tanggal 19 November 2020.

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Playstation 5 atau artikel lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.