DualSense Controller PS5 Kemungkinan Bisa Digunakan di PC dan Android

maxresdefault 4

Sebentar lagi kita akan meyambut datangnya next-gen console dari Sony yaitu PlayStation 5, yang dijadwalkan akan rilis pada 12 November 2020, dan kali ini PS5 sedang dalam masa pre-sale. Walau masih kurang dari sebulan lagi perilisan konsolnya, pihak Sony akan merilis controller DualSense-nya terlebih dahulu sebagai strategi pemasarannya, dijadwalkan akan rilis pada 30 Oktober 2020.

Beruntungnya ada beberapa YouTuber yang dikirimi DualSense oleh Sony terlebih dahulu untuk mereka review, dan salah satunya yaitu Austin Evans. Dalam videonya yang berdurasi 11 menit, memang tidak banyak informasi yang didapatkan. Namun ada kecurigaan bahwa DualSense nantinya akan mendukung sistem lain seperti yang Austin perlihatkan pada videonya ketika pengujiannya dengan perangkat Windows dan Android.

Pengujian awal Austin mencobanya di konsol Xbox Series X, namun hasilnya tentu saja tidak berhasil. Pengujian dilanjutkan dengan PS4 yang memperlihatkan bahwa kontroler tersebut berhasil terkoneksi tetapi masih tetap tidak berfungsi.

Pengujian dilanjutkan dengan kali ini menggunakan Surface Laptop Go  sebagai perwakilan PC, namun Austin mengatakan bahwa DualSense ini berfungsi layaknya PC Controller pada umumnya walaupun ada bebebrapa tombol yang dirasa kurang berfungsi dengan normal.

Pengujian terakhir menggunakan perangkat Android dengan device yang digunakan yaitu Pixel 5 yang dikoneksikan menggunakan Bluetooth, dan hasilnya DualSense dapat terkoneksi secara sempurna dan tombol-tombolnya berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk menguji lebih lanjut apakah semua tombol bekerja secara normal, Austin mencoba memainkan game Xbox di Android via Xcloud dan hasilnya ssemua tombol bekerja secara baik walaupun untuk fitur Haptic Feedback dan vibration tidak berfungsi.

Kesimpulan dari pengujian tersebut adalah DualSense bisa saja berfungsi untuk sistem lain, terlepas bahwa di kotak penjualannya memang tercantum hanya compatible dengan PS5. Ketika pre-order konsolnya yang habis sangat cepat dan susah sekali untuk di dapatkan, apakah kontrolernya akan bernasib sama?


Baca juga artikel lain terkait dengan PlayStation, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, M.Alfa Rifaldo For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version