Dugaan Xbox Gunakan Gambar AI untuk Mempromosikan Game Indie

Xbox Gambar AI

Xbox Gambar AI – Terlepas dari fakta bahwa layanan seperti Midjourney, Dall-E dan ChatGPT meraih kesuksesan yang masif, konten yang dihasilkan oleh AI terus menjadi topik yang kontroversial, terutama dalam kasus artwork atau karya seni hasil buatan AI.

Banyak pemain yang memberikan kritikan pedas ketika mereka mengetahui jika developer atau publisher favorit mereka menggunakan AI untuk membuat karya seni atau mengedit karya seni garapan seniman lain. Nah tak lama ini, raksasa gaming Xbox, diduga menggunakan AI untuk mempromosikan game mereka.

Diduga Xbox Gunakan Gambar AI untuk Promosi Game Indie

Benarkah itu?

Pada 27 Desember 2023 kemarin, akun resmi Xbox membuat tweet yang menanyakan kepada pemain game indie favorit mereka di 2023. Tweet tersebut juga menyertakan gambar yang menampilkan beberapa anak kecil sedang bermain kereta luncur di salju dengan tulisan “ID Xbox”.

Meski terlihat normal jika dilihat sekilas, sangat mudah untuk melihat ada banyak kejanggalan dari gambar tersebut seperti anak yang berkumis, objek dengan bentuk yang aneh dan laki-laki yang bibirnya menyatu dengan giginya.

Xbox

Hal tersebut memicu kritikan dari para pemain, di mana banyak yang percaya jika Microsoft menggunakan AI untuk membuat gambar tersebut. Tak lama setelah tweet itu viral, pihak mereka langsung menghapusnya.

Pro dan Kontra Penggunaan AI di Industri Video Game

Pro dan Kontra penggunaan AI

Penggunaan AI selalu menjadi kontroversi di industri video game di mana banyak pemain dan developer secara terbuka menolak teknologi tersebut karena kekhawatiran akan plagiarisme dan ancaman terhadap pekerjaan seniman.

Meskipun begitu, penolakan tersebut tidak menghentikan publisher untuk menggunakan teknologi itu di bagian lain dalam pengembangan game mereka.

Salah satu yang aktif adalah Xbox yang pada November tahun lalu mengumuman kesepakatan dengan Inworld untuk membuat tool dialog dan narasi dalam skala besar. Mereka menyebut jika tool tersebut dapat membantu developer untuk merancang dialog, cerita dan misi dalam sebuah game.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Xbox atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version