Dukungan App Android di Windows Dihentikan Microsoft

Dukungan App Android Di Windows

Seperti baru saja Microsoft merilis dukungan app Android secara native di Windows 10 dan 11, kini berita terbaru katakan kalau mereka tidak lagi mendukung app Android di sistem operasi PC tersebut.

Lantas alasan apa yang mendasari Microsoft mencabut seluruh dukungan terhadap Windows Subsystem for Android atau biasanya disebut WSA ini? Bagaimana nasib mereka yang terlanjur gunakan aplikasi Android di Windows?

Dukungan App Android di Windows Lewat WSA Disetop Tahun 2025

App dan games Android tidak lagi didukung Microsoft tahun depan

Berita buruk ini memang mengejutkan bagi sebagian orang yang benar gunakan fitur tersebut. Pasalnya, dukungan pihak pertama dari Microsoft berarti kita tidak perlu lagi men-download emulator pihak ketiga untuk memainkan game atau jalankan aplikasi Android.

Sayangnya, dukungan untuk aplikasi WSA akan dihentikan Microsoft pada 5 Maret 2025 nanti alias tahun depan. Menurut Android Authority, pada tanggal tersebut, pengguna tidak lagi bisa mengakses aplikasi yang bergantung pada WSA.

Ini juga bisa berarti kalau pada tanggal tersebut, pengguna tidak lagi bisa memasang WSA pada perangkat Windows PC mereka ataupun mendownload aplikasi dari Amazon Store. Menariknya, tidak semua mereka yang memainkan game Android di PC kehilangan dukungan.

Game Android Masih Bisa Dimainkan Lewat Google Play Games PC

Layanan Google Play Games for PC bolehkan main game di Windows

Google sendiri masih mempunyai Google Play Games di Windows 11 yang sampai saat ini masih berstatus Beta. Tapi, sesuai namanya, dukungan dari Google ini masih sebatas game saja dan aplikasi pada umumnya tentu tidak dapat ditemukan.

Sehingga, mereka yang memerlukan aplikasi Android di PC harus sekali lagi bergantung pada aplikasi emulasi Android. Sedangkan untuk alasan mengapa Microsoft mencabut dukungan terhadap WSA, mereka tidak menjelaskan alasannya.

Apakah kamu termasuk salah satu yang menggunakan Windows Subsystem for Android di PC? Atau bergantung pada program emulasi Android?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version