Dunia PC Gaming Diprediksi akan Meredup karena Kecanggihan Konsol

Main game di PC

Melalui ungkapan sang “Analis”

Dari tahun ke tahun, Komputer nampak masih menjadi salah satu platform bermain game yang populer. Bahkan, mayoritas dari bagaimana video game kini bisa dibuat pun memang berasal dari sana. Di sekitaran tahun 2019, perkembangan pemasaran game di Personal Computer (PC) sendiri mulai kembali diperhatikan lewat maraknya persaingan antar platform distribusi yang semakin memanas (mengambil contoh Steam vs Epic Store). Apakah ini jelas merupakan pertanda yang baik bagi masa depan game PC ?

Salah satu perusahaan riset seperti Jon Peddie Research (JPR) nampak sangat pesimistis dengan nasib keberlangsungan platform PC bagi perkembangan industri video game. Tepat pada akhir april kemarin, mereka telah menjabarkan suatu analisa yang menjelaskan seolah industri game kini bukanlah lagi menjadi era bagi para penikmat PC.

JPR memprediksi bila di sekitaran tahun 2018-2022, para gamer PC perlahan akan mulai beralih ke sebuah inovasi bermain yang jauh lebih praktis dan bahkan bisa eksklusif seperti konsol ataupun cloud gaming. Dengan prakiraan jumlah untuk kisaran 20 juta para penikmat PC, mereka menjelaskan bahwa gejala tersebut akan jauh lebih dirasakan oleh para gamer yang memiliki perangkat PC gaming di kelas Low-end (di bawah $1000) dengan ada sedikitnya pula dampak bagi para pengguna PC gaming di kelas Mid-End ataupun High-End.

Perkembangan teknologi yang cukup progresif dari perangkat layar TV dan konsol disebut-sebut menjadi salah satu alasannya. Disamping itu, JPR juga menganggap bahwa inovasi yang telah dibawa oleh perangkat PC tidaklah cukup efektif dan sering kali berjalan lambat dibandingkan konsol. Termasuk pula dari siklus produksi perangkat prosesor yang biasa berjalan selama 4 tahun lebih.

game-game konsol akan semakin lebih dinikmati sekaligus dengan cloud gaming ?

Sehingga menurut JPR, kecenderungan para gamer yang lebih condong memiliki PC gaming di kelas low dan mid pun akan cukup berpengaruh pada perkembangan investasi pasar dalam memaksimalkan penggunaan potensi PC gaming. Sementara bagi produk TV dan konsol, mereka sangat yakin bila dalam beberapa tahun ke depan, kedua perangkat ini akan mendapat angin segar secara komersil lewat prakiraan pengguna yang total ditaksir mencapai ratusan juta gamer.

Dari penjabaran yang telah diungkap oleh pihak analis di atas, perlu kamu ketahui sekali lagi bahwa hal ini masih hanya sebatas prediksi, dalam arti benar-benar dapat terjadi ataupun tidak. Apakah kamu sendiri kira-kira cukup sejalan dengan pendapat mereka ?

Sumber: Jonpeddie


Baca pula informasi menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version