Duo Chipset Gaming Mediatek Siap Tebas PUBG M dan Fortnite Mobile

in , ,

Persaingan ponsel pintar semakin panas dengan hadirnya teknologi-teknologi baru seperti halnya chipset yang kian ngebut baik digunakkan untuk membuka aplikasi-aplikasi mainstream hingga bermain game tanpa lag dengan kualitasi visual yang tinggi. Berbicara prosesor, Mediatek baru saja mengumumkan dua chipset yang ternyata diluar ekspektasi yang biasanya kita lihat mereka mengeluarkan chipset untuk ponsel-ponsel dengan harga terjangkau dan kemampuan yang pas-pasan, kini mereka mengeluarkan chipset yang khusus di segmen gaming.

Benar sekali, kalian tidak salah dengar, Mediatek baru saja mengumumkan dua chipset Helio G90 dan G90T. Dua chipset ini masuk dalam keluarga “gaming” dari deretan chipset keluaran Mediatek. Dilansir dari Kompas.comuntuk Helio G90 terdiri dari delapan inti CPU dengan konfigurasi dua inti CPU Cortex-A76 dengan maksimal clockspeed mencapai 2,0 Ghz dan enam inti CPU Cortex-A55. Sementara Helio G90T memiliki konfigurasi serupa dengan perbedaan di maksimal clockspeed yang bisa berjalan di angka 2,05 Ghz.

Sebagai SoC (System on a Chip) kedua chipset tersebut mendukung kartu grafis atau GPU Mali-G76 dengan clockspeed yang berjalan hingga 800 Mhz. Serta dukungan RAM mencapai 10 GB LPDDR4X. 

Setelah kita bahas spesifikasinya, apa si yang bisa dilakukan dengan duo chipset gaming ini ? Duo G90 ini mendukung teknologi yang mereka sebut dengan “HyperEngine“. Kabarnya teknologi tersebut dapat mengurangi “lag” dan interupsi yang biasa kalian temukan saat bermain game khususnya “online” di smartphone. Hal tersebut didukung dengan adanya teknologi yang memungkinkan jika kita sedang terkoneksi dengan wi-fi, paket data yang kita gunakkan ternyata tetap hidup. Jadi jika koneksi wi-fi ternyata jelek paket data yang masih menyala secara otomatis akan menggantikkan perannya sebagai koneksi utama. Selain itu dukungan dual-band memungkinkan jika ada panggilan masuk tidak akan mengganggu jaringan internet sekalipun bahkan saat bermain game. Selain itu juga masih ada teknologi yang disebut “rapid response engine” yang memungkinkan kontrol touch screen di ponsel terasa lebih responsif. Untuk pemrosesan gambar didukung dengan teknologi HDR10 yang memungkinkan kualitas gambar yang ditampilkan lebih baik lagi.

Di sisi kamera, SoC G90 ini mendukung mendukung kamera dengan resolusi hingga 64-mega pixel baik single maupun berjejer lebih dari satu. Selain itu juga mendukung fitur night shots dan AI facial detection.

Secara keseluruhan, chipset gaming besutan Mediatek ini diklaim sebagai chipset powerful yang bisa memainkan game kesukaan kalian seperti PUBG Mobile atau Fortnite dengan lancar.

 

Sumber: Kompas, Engadget


Mau baca artikel seputar teknologi hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.