Duo GPU NVIDIA RTX 3060 Series akan Meluncur dalam Waktu Dekat

Nvidia Rtx 3060 Series

Nvidia Rtx 3060 Series

Eksistensi dari Graphic Processing Unit (GPU) NVIDIA RTX 3060 Series tampaknya akan dapat versi ‘lite’-nya dalam waktu dekat. Bukan satu, melainkan dua GPU yang akan diluncurkan demi dapatkan tempat di hati para gamer dan content creator. Namun, sekuat apakah GPU ‘baru’ tersebut?

NVIDIA RTX 3060 Series, Kini dengan Varian 8GB

Melansir Wccftech, saat ini kubu hijau tengah siapkan duo NVIDIA RTX 3060 Series dengan spesifikasi lebih ‘ramah lingkungan’. Duo tersebut di antaranya adalah RTX 3060 dan RTX 3060 Ti yang mana masing-masing akan hadirkan 8GB GDDR6 dan GDDR6X.

Kita semua tahu bahwa saat ini NVIDIA RTX 3060 Series kerap jadi incaran berkat price-to-performance yang termasuk memadai. Namun, NVIDIA tampaknya memiliki pemikiran lain melihat akan ada pembaruan atau refresh pada seri 3060 yang mereka miliki.

Khusus NVIDIA RTX 3060 Ti, kubu hijau akan ganti memory yang ada dari GDDR6 jadi GDDR6X yang konon lebih cepat. Lain halnya dengan RTX 3060, di mana NVIDIA akan memangkas VRAM dari GPU tersebut dari 12GB jadi 8GB, namun akan gunakan GDDR6X.

Kedua GPU tersebut masih berdasarkan arsitektur GA104 alias Ampere yang cukup berumur.

Alternatif Sembari Nantikan GPU NVIDIA RTX Berikutnya

Tentu kita semua cukup paham bahwa NVIDIA saat ini tengah kembangkan RTX 4000 yang miliki codename ‘Ada Lovelace’. Olehnya, kami cukup yakin bahwa NVIDIA RTX 3060 Series ini akan jadi alternatif sementara sembari nantikan RTX 4000 kelas entry-level dan mid-range.

Langkah yang diambil oleh NVIDIA ini tampaknya akan dapat isi kekosongan di mana RTX 4000 kelas flagship akan meluncur duluan, sebelum akhirnya diikuti kelas di bawahnya. Bahkan meski goda jenis memory GDDR6X, kami merasa bahwa GPU si ‘hijau’ ini akan tetap dilirik.

Gimana kalau menurut kalian, brott? Apakah kalian tertarik untuk beli GPU ini?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version