E3 2023 Resmi Batal Tahun Ini, Beginilah Alasannya

E3 2023 Resmi Batal

E3 2023 Resmi Batal – Tiap tahunnya, acara E3 sudah menjadi ajang yang paling ditunggu-tunggu oleh para gamer. Hadirnya berbagai developer dan publisher game yang mengumumkan sejumlah informasi baru mengenai video game tentu menjadi aspek utama acara selalu dipenuhi antusias banyak orang.

Sayangnya, antusias tersebut sepertinya kini sudah mulai meredup. Banyak publisher yang mengundurkan diri dari acara karena lebih memilih mengadakan eveny secara mandiri. Akibatnya, dengan berat hati pihak E3 mengumumkan bahwa penyelenggaraan acara tahun 2023 resmi dibatalkan.

Banyak Publisher Undur Diri, E3 2023 Resmi Batal Tahun Ini

Banyak Publisher Undur Diri, E3 2023 Resmi Dibatalakan

Dilansir dari IGN, organisiasi Entertainement Software Association atau ESA hari ini mengumumkan bahwa acara Electronic Entertainment Expo atau disingkat E3 2023 dipastikan telah dibatalkan. Konfirmasi batalnya event tersebut didapat dari email yang dikirim dari organsasi kepada para anggotanya yang berisikan bahwa E3 2023 belum mampu mempertahankan ketertarikan yang dibutuhkan untuk menjalankan acara dengan ukuran, tenaga dan timbal balik dari industri.

Tak lama setelah email terpublikasi, organisasi ESA pun langsung memberikan pernyataan resmi melalui Kyle Marsden-Kish selaku global VP gaming, ReedPop. Dirinya menyatakan bahwa dibatalkannya E3 2023 merupakan keputusan yang sulit karena sudah memakan usaha dari banyak rekan organisasi untuk menjalankan event. Tapi pembatalan merupakan keputusan terbaik bagi industri maupun E3. Meski begitu, organisasi ESA dan ReedPop akan tetap bekerja sama untuk acara E3 di masa mendatang.

Banyak Developer dan Publisher Undur Diri dari Acara

Banyak Developer dan Publisher Undur Diri dari Acara

Semenjak pandemi Covid-19, penyelenggaraan E3 memang cukup terhambat berkat adanya regulasi social distancing. Acara E3 secara fisik terakhir diselenggarakan pada tahun 2019 lalu, dan kemudian sempat absen di tahun 2020 dan kembali di tahun 2021 melalui event online.

Tahun 2022 event E3 juga sempat dibatalkan dengan alasan untuk revitalisasi acara yang rencananya akan dilakukan secara hybrid, atau online dan offline secara bersamaan. Kembalinya E3 2023 diumumkan bulan Juni lalu yang siap diselenggarakan mulai 13-16 Juni 2023.

Selama beberapa waktu setelah dilaksanakannya event terakhir secara offline, salah satu publisher video game terbesar yakni Sony menyatakan undur diri dari acara karena memilih fokus menjalankan showcase secara mandiri. Beberapa waktu setelahnya perusahaan besar lainnya seperti Microsoft dan Nintendo pun mengikuti jejak Sony untuk tidak hadir dalam E3 lantaran lebih memilih menjalankan showcase tersendiri.

Kabar tersebut kemudian diiukuti oleh sejumlah developer lainnya seperti Ubisoft, Sega dan Level Infinite. Tentu semakin banyaknya perusahaan yang melepas diri akhirnya membuat organisasi memutuskan untuk membatalkan acara E3 2023. Meski mereka berjanji masih akan bekerja sama untuk event di masa depan, namun hingga kini masih belum diketahui nasib dari E3 2024.


Baca juga artikel-artikel Gamebrott lainnya terkait E3 2023 serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version