E3 Dipastikan Kembali di 2023 dalam Format Online dan Offline

E3 Dipastikan Kembali

Sejak diresmikan pada 1995 silam, Electronic Entertainment Expo atau yang biasa disingkat E3, telah menjadi acara rutin yang diselenggarakan tiap tahunnya. E3 berlangsung di Los Angeles Convention Center dan menjadi salah satu acara gaming terbesar, tempat di mana publisher/developer besar maupun kecil mengumumkan game-game terbaru mereka.

E3 Dipastikan Kembali Tahun Depan Setelah Absen di Tahun Ini

Sayangnya setelah lebih dari dua dekade tanpa masalah, E3 akhirnya “rehat sejenak” karena pandemik COVID-19 pada 2020 kemarin. Satu tahun setelahnya, E3 kembali diselenggarakan namun dengan format online saja dan di 2022 ini, E3 kembali tidak diadakan. Banyak yang khawatir jika absennya E3 di 2022 akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya, namun Entertainment Software Association atau ESA selaku organisasi induk E3, memastikan jika hal tersebut tidak akan terjadi.

E3 Dipastikan Kembali di 2023 dalam Format Online dan Offline 3

Kepada Washington Post, presiden ESA – Stan Pierre-Louis mengkonfirmasi jika E3 akan kembali pada 2023 mendatang. Ia bahkan menjelaskan jika E3 tahun depan tidak hanya akan hadir dalam format digital atau online saja, tapi juga offline di mana para pemain bisa menyaksikan langsung pengumuman baru dari publisher/developer favorit mereka.

Banyak yang Mulai Mempertanyakan Apakah E3 Masih Diperlukan untuk Ada

Meski jadi kabar baik untuk mereka yang rindu dengan E3, banyak yang mempertanyakan apakah E3 masih diperlukan untuk tetap ada. Sebelum pandemik COVID-19 saja, E3 2019 dihadiri oleh lebih sedikit pengunjung jika dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, banyak publisher/developer game AAA saat ini juga telah mengadakan acara mereka sendiri, disamping munculnya acara lain seperti Summer Game Fest dari Geoff Keighley.

E3 Dipastikan Kembali di 2023 dalam Format Online dan Offline 4

Menarik untuk melihat bagaimana masa depan dari E3 dalam beberapa tahun kedepan, terlebih dengan hadirnya acara serupa dalam format online-only yang notabene jauh lebih “terjangkau” bagi para developer dan efektif karena game-game tidak harus bersaing untuk menarik perhatian pengunjung secara langsung.

Sumber: Rock Paper Shotgun


Baca juga informasi menarik lainnya terkait E3 atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version