EA Akuisisi Pemilik Game Diner Dash, Glu Mobile dengan Dana 29 Trilliun Rupiah

in
Ea Akuisisi Glu

Oh, EA.

Hari Senin kemarin, Electronic Arts mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi studio Glu Mobile dengan harga sebesar 2.1 miliar USD atau 29 triliun Rupiah, menjadikannya salah satu akuisisi termahal dalam sejarah industri game

Glu Mobile adalah studio pengembangan game mobile dengan judul-judul terkenal seperti Diner Dash, Disney Sorceror’s Arena, WWE Universe, TapSports Baseball ’20, Kim Kardashian Hollywood, Deer Hunter, dan lain lain. Glu Mobile melaporkan bahwa katalog game mereka sudah menghasilkan lebih dari 1.32 miliar USD sejak tahun lalu.

Dengan akuisisi ini, EA menunjukkan bahwa mereka tertarik untuk mengembangkan bisnis mobile game mereka. Dalam artikel berita di atas, EA menyatakan bahwa mereka mengakuisisi Glu Mobile untuk mengembangkan portfolio mobile game ke arah game olahraga, RPG, lifestyle, kasual, dan game “midcore”. Pengalaman Glu Mobile dalam memonetisasi game olahraga dan kasual juga menjadi daya tarik bagi EA.

 

Glu Header Scaled

Sebagai bagian dari persetujuan, Glu Mobile sendiri akan mendapatkan akses pada kemampuan perizinan dan distribusi global EA.

“Akuisisi kami atas Glu menggabungkan tim yang hebat dengan produk yang menarik untuk menciptakan pemimpin dalam pasar mobile game dengan keahlian yang sudah terbukti dalam banyak genre,” kata Andrew Wilson, CEO Electronic Arts. “Mobile terus berkembang sebagai platform gaming terbesar di dunia, dan dengan talenta dan game yang dibawakan Glu, kami akan memperbesar bisnis mobile kami. Dengan portfolio IP dan audiens global yang meluas, kami pun juga akan membawakan pengalaman yang lebih seru bagi pemain, dan terus mengembangkan bisnis EA.”

Akuisisi ini hanya dikalahkan oleh akuisisi Tencent atas Supercell (8.6 miliar USD), Microsoft atas ZeniMax Media (7.5 miliar USD), Activision atas King (5.9 miliar USD), dan Microsoft atas Mojang (2.5 miliar USD).

Akuisisi EA atas Glu Mobile diperkirakan akan berlaku pada tanggal 30 Juni, 2021.


Untuk membaca panduan, ulasan, dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.