EA Berhasil Pecahkan Rekor Dunia yang Memalukan di Reddit

in

Banyak dari kamu yang mungkin sudah tidak asing lagi dengan model bisnis EA yang bisa dikatakan seringkali menyesatkan, terutama terkait persoalan microtransaction yang selalu mereka gencarkan di game-game yang mereka rilis, seperti loot box atau yang kini lebih mereka suka sebut sebagai surprise mechanics.

Berbicara soal loot box, kamu mungkin ingat bahwa Star Wars Battlefront II sempat menjadi bulan-bulanan para pemainnya beberapa hari setelah perilisan. Salah satunya adalah sulitnya membuka hero yang terkunci seperti Luke Skywalker dan Darth Vader misalnya, dimana hal tersebut dilakukan oleh sang publisher sebagai insentif bagi pemain untuk mendapatkannya melalui loot box, daripada harus grinding selama 40 jam.

Dan jika kamu ingat, perwakilan dari EA melalui sebuah postingan pada tanggal 12 November 2017, ‘menjelaskan’ bahwa pemain melakukan grinding sampai puluhan jam agar pemainnya mendapatkan ‘rasa bangga dan pencapaian’ karena telah membuka hero-hero yang terkunci tersebut. Menerima begitu banyak downvote, baru-baru ini komentar dari EA tersebut berhasil memecahkan rekor dunia sebagai komentar paling banyak mendapatkan downvote di Reddit, dan telah dibukukan dalam Guiness World Record tahun 2020.

Komentar yang menerima paling banyak downvote di Reddit

Post resmi dari penerbit video game Electronic Arts, merespon komplain pemain terkait membuka hero Darth Vader dan Luke Skywalker di Star Wars Battlefront II (2017) melalui “loot boxes”, memiliki 683.000 downvotes.

Guinnes World Record

Foto diatas bersumber dari sebuah postingan di subreddit Star Wars oleh user Reddit dengan nama -Amasha-. Dan saat artikel ini ditulis, postingan Reddit tersebut sudah mendulang lebih dari 80 ribu upvotes, setidaknya 600 ribu lebih banyak dari pada komentar dari pihak EA yang mendapatkan lebih dari 680 ribu downvote.

List postingan yang mendapatkan downvote paling banyak di Reddit

Tentu hal ini akan menjadi sebuah catatan sejarah dan pengingat bahwa EA benar-benar sudah membuat para pemainnya kehilangan kepercayaan. Namun sebuah prestasi yang memalukan bagi dunia ini juga secara tidak langsung membuat kita sedikit berharap untuk EA bisa kembali menjadi publisher maupun developer yang mengedepankan kepuasaan dan pengalaman bermain para pemainnya, dan bukan sekadar keuntungan semata.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game EA atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.