EA: Microtransaction Itu Sah-sah Saja Asal Dilakukan dengan Benar

EA money logo

EA menganggap feedback dari fans sebagai motivasi untuk mengembangkan sistem monetisasi yang lebih baik

Tak lama berselang setelah EA memberikan pengumuman untuk memunculkan kembali layanan microtransaction pada game Star Wars Battlefront II. Kini Andrew Wilson, CEO dari EA tak ketinggalan juga ikut dalam memberikan penjelasan terkait kebijakan tersebut.

Dalam sebuah transkrip teleconference yang membahas tentang hasil laporan finansial yang sudah EA peroleh dalam jangka waktu tertentu. Pada intinya Andrew meyakini bahwa fitur microtransaction itu asalkan dilakukan dengan benar, pasti akan menjadi sebuah elemen penting yang dapat meningkatkan pengalaman player dalam bermain video game.

Jadi bisa dipastikan bahwa kedepannya EA masih tetap akan berpegang teguh pada idealismenya dalam menanamkan fitur-fitur microtransaction pada game mereka. Namun dalam pengimplementasiannya, Andrew kali ini berjanji akan selalu bekerja sama dengan para player demi mengembangkan sebuah sistem layanan yang benar-benar tepat untuk semua pihak. Kejadian yang sudah terjadi pada Star Wars Battlefront II lalu dianggap Andrew sebagai sebuah proses pembelajaran dalam menciptakan sebuah sistem yang lebih baik.

Lebih dari 50% hasil pendapatan EA berasal dari Microtransaction ?

Lantas, bagaimana hasil laporan pendapatan EA lewat sebuah acara teleconference tersebut ? Terhitung mulai dari bulan Oktober sampai Desember tahun lalu, EA sudah meraup laba kotor sebanyak 1,230 miliar USD. Menariknya dari 1,230 miliar tersebut, 787 juta USD diantaranya berasal dari hasil pendapatan “live services” atau bisa dikenal sebagai hasil penjualan add on content, layanan subscription, iklan sampai ke microtransaction. Fifa Ultimate Team dan The Sims 4 disebut-sebut sebagai kontributor utama dari hasil pendapatan EA di sektor “live services”.

Credits: Gamespot

Jika ditotal secara keseluruhan khusus untuk tahun kemarin, EA sudah mengumpulkan omset lebih dari 3 miliar dan jumlahnya pun semakin meningkat selama 3 tahun berturut-turut.

Kembali ke soal microtransaction, Andrew sebenarnya menegaskan bahwa ia sama sekali tidak pernah mendukung untuk menciptakan suatu sistem yang sangat tidak adil bagi para playernya, apalagi yang menyangkut soal “progress”. Ia juga mengaku bersyukur kepada para fans yang sangat begitu peduli untuk mengkoreksi apa yang salah dari suatu sistem yang mereka buat. karena itulah, sekarang EA sedang berkerja keras dalam membuat berbagai banyak pembaharuan dan perbaikan yang diharapkan dapat mengayomi kebutuhan dari seluruh para komunitas playernya.

Untungnya update DLC terbaru dari Star Wars Battlefront II belakangan mendapat respon yang cukup positif. Andrew bahkan mengklaim bahwa 70% para playernya sangat tertarik dan sudah mencicipi mode campaign terbaru dari Iden Versio. Melihat hal ini, sejujurnya saya makin tidak sabar untuk melihat update sistem microtransaction baru seperti apa yang akan diusung EA kali ini pada game Star Wars Battlefront 2 ? Mudah-mudahan sudah tidak ada kontroversi lagi ya brott ?

Sumber: Gamespot

 

 

 

Exit mobile version