EA Pecat Kreator Plants vs Zombies Karena Tolak Sistem Pay-to-Win?

PvZ
EA ternyata memang “belum sembuh”.

EA memang tak pernah habis dari kontroversi, setelah sempat drama microtransaction Star Wars Battlefront II, ternyata sebelumnya EA juga pernah melakukan kontroversi yang makin memperburuk citra mereka di kalangan para gamer.

Dilansir mp1st, melalui siaran podcast YouTube bersama BaerTaffy (via Reddit) berjudul Round Table Live! yang juga dihadiri oleh video game designer Edmund McMillen (Super Meatboy, The Binding of Isaac). Mereka membicarakan tentang drama Star Wars Battlefront II dengan sistem pay-to-win miliknya. Di tengah cerita, tepatnya pada menit 40:55 McMillen kemudian menceritakan kondisi yang kurang lebih sama dengan Battlefront II dimana kreator Plants vs Zombies George Fan dipecat oleh EA karena menolak memberikan sistem pay-to-win untuk sekuel gamenya, Plants vs Zombies 2.



McMillen mengatakan bahwa Fan awalnya dikenal dengan game berjudul Insaniquarium yang kemudian sukses dan menghantarkannya direkrut oleh studio indie bernama PopCap. Bersama dua orang anggota PopCap, mereka kemudian membuat Plants vs Zombies yang akhirnya sukses besar. Berita kesuksesan mereka sampai di telinga EA yang pada akhirnya sampai pada keputusan akuisisi PopCap oleh EA. EA kemudian membuat franchise Plants vs Zombies lebih sukses lagi. Kesuksesan ini membuat ide akan adanya sekuel maupun spin-off gamenya. Fan kemudian mengerjakannya bersama tim kecil miliknya dengan idenya sendiri.

Melihat perjuangan Fan bersama timnya, EA menawarkan mereka untuk membuat gamenya agar bisa dirilis ke mobile dengan bisnis pay-to-win. Fan kemudian menolaknya dengan dalih ia tidak ingin ada bisnis pay-to-win di game buatannya. Saat itu juga EA langsung memecat Fan yang akhirnya membuat Fan meninggalkan PopCap pada tahun 2012 silam. Kini ia membuat game indie berjudul Octogeddon yang akan dirilis di Steam.

Entah pernyataan McMillen benar atau tidak, namun jika melihat hingga saat ini alasan keluarnya George Fan tidak pernah dijelaskan, sepertinya pernyataan McMillen “bisa dikatakan benar”. Hal seperti ini umumnya terikat oleh NDA atau Non-Disclosure Agreement, yang mana McMillen sendiri sebagai teman baik Fan mengatakan bahwa Fan tidak terikat NDA sama sekali, yang membuatnya bisa menceritakannya.

Exit mobile version