EA Sports FC Resmi Jadi Nama Baru Seri Game Sepakbola FIFA

EA Sports FC

Nama “FIFA” mewakili dua hal yang berbeda, dengan yang pertama sebagai nama dari federasi internasional yang menaungi olahraga sepakbola di seluruh dunia dan yang kedua, seri game olahraga dari Electronics Arts atau EA. Keduanya sangat dikenal dengan penggunaan nama “FIFA” selama puluhan tahun, namun kini, hal tersebut akan segera berubah setelah EA mengakhiri kerja sama mereka dengan federasi sepakbola internasional itu. Tak lagi menggunakan nama “FIFA”, game sepakbola tahunan dari EA kini resmi berganti nama menjadi EA Sports FC.

Nama EA Sports FC Akan Mulai Digunakan Pada 2023 Mendatang

Melalui press release, Executive Vice President EA Sports – Cam Weber mengumumkan jika nama EA Sports FC akan mulai digunakan pada 2023 mendatang, bersamaan dengan informasi baru yang bakal dibagikan pada bulan Juli di tahun yang sama. Itu artinya, FIFA 23 yang kemungkinan akan rilis akhir tahun ini, bakal menjadi game FIFA terakhir yang menggunakan nama “FIFA”.

Meski resmi berganti nama, EA memastikan jika EA Sports FC nantinya masih akan mempertahankan fitur-fitur seperti Ultimate Team, Career Mode, VOLTA, disamping lisensi dari 19,000+ pemain, 700+ klub, 100+ stadion dan 30+ liga sepakbola besar di seluruh dunia seperti Premier League, Bundesliga, MLS, La Liga dan banyak lagi.

Berhentinya kerjasama antara EA dan FIFA sebenarnya sudah diprediksi sejak beberapa bulan yang lalu, di mana terdapat desas desus informasi yang menyebut jika keduanya tengah berselisih terkait negosiasi kerja sama yang baru. FIFA dikabarkan meminta US$1 miliar tiap empat tahun kepada EA apabila developer asal Amerika Serikat itu ingin mendapatkan izin untuk penggunaan nama dan logo FIFA di seri game sepakbola mereka. Disaat yang bersamaan, EA juga diketahui telah mendaftarkan merek dagang baru yaitu EA Sports FC.

Sebelum FIFA, PES Dari Konami Juga Berganti Nama Terlebih Dahulu

EA Sports FC Resmi Jadi Nama Baru Seri Game Sepakbola FIFA 2

Dalam beberapa tahun terakhir, pasar game sepakbola memang sedang mengalami perubahan yang cukup masif. Sebelum FIFA, Pro Evolution Soccer atau yang biasa disebut PES juga berganti nama menjadi eFootball. Selain nama yang baru, Konami selaku developer juga mengganti format game tersebut menjadi free-to-play. Tidak hanya itu, EA Sports FC dan eFootball bakal kedatangan kompetitor baru yaitu UFL, yang telah mengantongi lisensi untuk pemain seperti Cristiano Ronaldo dan klub seperti Borussia Monchengladbach dan West Ham United.

Sumber: IGN


Baca juga informasi menarik lainnya terkait EA Sports FC atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version