Edisi Fisik Overwatch Versi Switch Takkan Berisi Cartridge Game

in ,

Selain dari spesifikasi hardware mesin yang tertinggal jauh dibandingkan PS4 maupun Xbox One, produksi cartridge dari game Nintendo Switch yang lebih mahal dibandingkan bluray disc menjadi salah satu tantangan bagi developer yang ingin port game mereka ke console hybrid tersebut. Untuk meringankan biaya produksi, terkadang publisher memutuskan untuk hanya menampung sebagian isi game didalam cartridge 8GB semata lalu sisanya harus diunduh pemain secara manual. Sayangnya hal tersebut tidak terjadi untuk port FPS multiplayer dari Blizzard  – Overwatch.

Overwatch dirilis tak hanya secara digital tetapi juga fisik, tetapi apabila kamu berpikir untuk membeli versi fisik agar dapat mengurangi jatah download, maka kamu harus kecewa dari sekarang. Blizzard memutuskan versi fisik dari Overwatch tidak akan menampung cartridge game, alhasil versi fisik dari Overwatch hanyalah plastik berisi kode yang nantinya harus diunduh keseluruhan isi game secara manual.

Ini bukan kali pertama versi fisik tanpa cartridge di port Nintendo Switch terjadi. Wolfenstein: Young Blood juga berlakukan sistem serupa pada versi fisik mereka. Game shooter terbitan Bethesda tersebut memuat size sekitar hampir 30 GB, maka sedikit ada pengertian dari pembeli kenapa versi fisik tak memuat cartridge. Sedangkan untuk Overwatch, size game dikabarkan hanya berkisar sekitar 12 GB untuk versi Switch, pada dasarnya game bisa ditampung sebagian dalam cartridge 8 GB dan sisanya dibuat digital secara terpisah. Tetapi Blizzard maupun Activision tampaknya begitu ingin “hemat” biaya untuk port satu ini.

Sisi baiknya ialah versi fisik ini hadir bersama kode layanan Switch Online selama 3 bulan. Apabila kamu belum miliki subskripsi online dan ingin bermain Overwatch di toilet atau saat perjalanan, maka mungkin versi fisik ini tidak menjadi opsi yang begitu buruk.

Overwatch Switch akan dirilis 15 Oktober 2019 mendatang.Kamu dapat membelinya dengan harga $39,99 pada Nintendo eShop atau menunggu versi “fisik” tersedia.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.