Efek Larangan Cryptomining, Harga GPU di China Langsung Turun

China Bitcoin Ban

Seperti dilansir dari South China Morning Post, upaya negeri tirai bambu dalam menindaklanjuti Cryptomining sepertinya telah membuahkan hasil. Salah satu tambang Bitcoin di Sichuan ditutup pada hari minggu setelah otoritas setempat memerintahkan penghentian penambangan di wilayah tersebut. Dengan adanya larangan tersebut, sejumlah penambang dipastikan mengalami kerugian yang besar.

Larangan penambangan ini sebenarnya merupakan ancaman bagi China untuk mencapai emisi karbon pada 2030, dan netralitas karbon pada 2060. Karena alasan tersebut, ini merupakan bentuk langkah keras China dalam menangani penambangan Cryptocurrency yang kian meresahkan.

Harga GPU Langsung Anjlok

Langkah keras yang dilakukan oleh China dalam menindaklanjuti Cryptomining langsung membuat harga GPU turun drastis. Hal ini mengakibatkan GPU menjadi lebih terjangkau di China, dan agaknya bisa menekan harga yang dijual oleh penambang.

Dari gambar di atas, terdapat penurunan harga GPU sampai dengan 45%. Selain menjadi GPU favorit gamers untuk memainkan game kekinian, GPU RTX 30 di atas juga populer di kalangan penambang Cryptocurrency.

Penurunan harga hingga 45% tersebut dicapai oleh GPU teranyar dari NVIDIA, yaitu GeForce RTX 3060. GPU ini merupakan salah satu model favorit di kalangan penambang Cryptocurrency di negara tersebut. Sedangkan, untuk seri yang lebih tinggi cenderung menunjukkan pengurangan harga yang jauh lebih kecil.

Rencana Memindahkan Penambangan Ke Luar Negeri

Menurut laporan media setempat, beberapa perusahaan Bitcoin China seperti Huobi Pool, Binance, dan AntPool mengalami penurunan hash hingga 40 persen. Menurut Shentu Qingchen, salah seorang CEO perusahaan Blockchain, para penambang China harus membentuk aliansi untuk melakukan migrasi ke luar negeri.

Dia juga menambahkan bahwa harga perlengkapan untuk menambang dapat turun dalam waktu dekat.  Hal ini tak ayal menyebabkan banyak penambang cryptocurrency yang mulai menjual perlengkapan mining mereka.

Bakal Terjadi Perang Harga (Lagi)

Pabrik GPU biasanya memiliki toko online yang dikelola sendiri untuk didistribusikan ke beberapa toko besar. Namun, dengan adanya pelarangan Cryptomining tersebut, dipastikan akan terjadi perang harga di pasaran.

Selain di China, harga GPU juga mengalami penurunan di Eropa. Meskipun penurunan harga tersebut memang benar nyata adanya, namun kita tidak bisa berharap harga GPU akan stabil dalam waktu dekat. Masih sedikitnya pasokan semikonduktor untuk GPU juga memiliki pengaruh untuk menurunkan harga.

Nah, begitulah kira-kira perkembangan tentang harga GPU yang baru-baru ini didapat. Bagaimana dengan pendapat kalian? Apakah penurunan harga di Eropa dan China akan berimbas pada turunnya harga GPU seluruh dunia? Yuk, kirim komentar kalian di bawah.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version