Menjajal Eiyuden Chronicle Rising – Pembuka Seri yang Menarik!

Eiyuden Chronicle Rising

Eiyuden Chronicle Rising merupakan game side-scroll RPG yang dikembangkan oleh para mantan pengembang serial Suikoden dan dipublikasi oleh 505 Games. Game ini merupakan pembuka cerita dari game Eiyuden Chronicle Hundred Heroes yang akan rilis tahun depan.

Penulis telah mengikuti serial Suikoden sejak dini dan merupakan fans berat dari serial tersebut. Sehingga memainkan Eiyuden Chronicle Rising tentu menjadi sesuatu yang sangat wajib. Beberapa waktu lalupun penulis sempat melakukan livestream memainkan Suikoden kembali untuk menyambut perilisan Eiyuden Chronicle Rising.

Berikut adalah pengalaman bermain penulis ketika bermain Eiyuden Chronicle Rising review.

Membangun Desa dengan Menjadi Petualang

Membangun Desa dengan Menjadi Petualang

Eiyuden Chronicle Rising bercerita di kota bernama New Neveah, sebuah kota yang ada di daerah Allraan. Gempa bumi kuat menimbulkan banyak reruntuhan kuno yang disebut Runebarrows. Tentunya dengan banyaknya reruntuhan kuno, banyak petualang yang akan mengeksplorasi tempat tersebut untuk mencari harta karun.

Karakter utama pada Eiyuden Chronicle Rising adalah CJ, seorang gadis petualang yang datang ke New Neveah untuk mencari artifact lense. CJ yang ingin menjelajahi reruntuhan harus memiliki izin terlebih dahulu namun setiap petualang hanya bisa mendapatkan izin tersebut dengan cara membeli ataupun mengumpulkan stamp yang didapat dengan membantu warga kota New Neveah.

Tentunya membantu warga desa yang telah hancur oleh gempa bumi ini menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan pemain. Dengan membantu warga, makan kota New Neveah akan dapat berkembang dengan pesat sehingga pemain secara tidak langsung membantu dalam pembangunan kota tersebut.

Penulisan cerita dalam game ini sangat bagus. Tidak hanya itu, pengenalan karakter dalam game ini pun juga sangat jelas sehingga pemain yang memainkan tentunya tidak akan bingung mengapa karakter tersebut ada dalam cerita. Hubungan antar karakter juga terlihat jelas dari dialog yang ada sehingga game ini benar – benar cocok untuk para penikmat cerita Fantasy.

Grafis dan Sprite yang Detil.

Grafis dan Sprite yang Detil.

Grafis dalam game ini juga sangat berwarna serta mencolok dalam segi aestheticnya. Desain Sprite yang membawa kesat game – game retro dengan Background 3D menjadikan game ini sangat unik dimata penulis.

Karakter yang menggunakan sprite ini terlihat seperti wayang ketika mereka berbicara. Hal ini dapat dilihat ketika CJ berdialog dan menggerakkan tangannya. pergerakan animasi sprite ketika berdialog dimana setiap sendi karakter terlihat dapat berputar 1 lingkaran penuh serta dari sudut pandang 2D mengingatkan penulis akan pentas wayang. Tentunya hal ini merupakan hal yang unik bagi penulis.

Pencahayaan dalam game ini juga sangat bagus. Tidak hanya itu saja, pergerakan background yang sangat hidup serta lingkungan yang berkembang membuat game ini sangat nikmat untuk dilihat. Tidak banyak yang bisa penulis jelaskan untuk segi ini karena hal – hal tersebut lebih mudah diperlihatkan secara langsung.

Suara-Suara Serta Musik yang Membuat Suasana Hidup

Suara-Suara Serta Musik yang Membuat Suasana Hidup

Dari segi audio sendiri, Eiyuden Chronicle Rising tentunya memberikan kualitas yang sesuai dengan kombinasi grafis dan sprite yang telah dijelaskan diatas. Ketika berpetualang, penulis dapat mendengar suara serangga ketika berada di hutan dengan hembusan angin yang lembut. Suara angin juga dapat didengar ketika berada di ladang gandum dan melihat gandum – gandum tersebut terkena hembusan angin.

Musik ketika berada di kota maupun ketika menjelajahi daerah penuh monster juga dikerjakan secara sempurna. Dengan perpaduan musik fantasy serta suara – suara background yang hidup, tentunya hal ini membuat petualangan lebih terasa hidup.

Gameplay yang Simple Namun Repetitif

Gameplay yang Simple Namun Repetitif

Menurut penulis, gameplay bertarung dalam game ini cukup simple, namun tidak gampang. Game ini hanya memiliki Attack, Jump, dan 1 Unique Skill sebagai command untuk karakter. Seiring berjalannya cerita, pemain nantinya dapat menggunakan 3 karakter sekaligus dan setiap karakter memiliki tombol menyerang masing masing.

Disinilah yang membuat mekanik bertarung tidak begitu mudah. Pemain harus mampu mengandalkan timing ketika menyerang dan berganti karakter secara realtime. Pertarungan ini mungkin terlihat seperti Genshin Impact dalam 2D.

Dan juga eksplorasi didalam game ini memiliki unsur game – game sidescroll retro seperti metroid ataupun castlevania dimana pemain harus memiliki keahlian baru untuk dapat mengeksplorasi daerah selanjutnya.

Namun tentunya game ini bisa dibilang repetitif karena main quest dan side quest yang mengharuskan pemain kesana – kemari berkali kali untuk menyelesaikan misi tersebut. Meskipun misi yang ada terkesan repetitif, pemain tidak perlu berlama – lama menuju lokasi misi karena dalam game ini sudah ada fitur fast travel untuk daerah yang telah dijelajahi.

Sistem gameplay lainnya dapat dibuka ketika kita membangun kota New Neveah. Pemain dapat meningkatkan senjata, mendapatkan buff ketika mandi di Inn, serta membuat masakan – masakan lezat. Hal ini akan dapat diakses seiring petualangan pemain.

Kesimpulan: Eiyuden Chronicle Rising Merupakan Sesuatu yang Baru!

Eiyuden Chronicle Rising Merupakan Sesuatu yang Baru!

Dengan gameplay yang simple, penulis tidak merasa kesulitan memainkan game ini. Kombinasi grafis dan musik yang sempurna juga membuat game serasa lebih hidup. Cerita dalam game ini juga tentunya akan menjadi pembuka untuk Eiyuden Chronicle Hundred Heroes.

Penulis merekomendasikan game ini untuk para pecinta game RPG, terutama yang sangat gemar memainkan game dengan tipe metroidvania serta fans berat game JRPG, terkhusus para fans serial Suikoden.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Review atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version