Eksekutif EA: Lingkungan Kerja Toxic Tidak Dapat Dihindari untuk Publisher Besar, Namun Harus Dilawan

B82560aad1de490d7787954f90c4ac0fa4dbc4d0

Dengan Activision Blizzard terus menuai kontroversi karena isu lingkungan kerja yang toxic, publisher besar lainnya mulai diperhatikan apakah tengah mengalami hal serupa.

Eksekutif Electronic Arts berargumen kalau masalah pada karyawan dan lingkungan kerja menjadi hal yang tak dapat dihindari untuk perusahaan raksasa, namun penting bagi perusahaan untuk mengantisipasi dan melawan terjadinya hal tersebut.

Chris Bruzzo selaku executive vice president ungkapkan kepada Gamesindustry.biz apabila EA tampaknya tidak sedang mengalami masalah sosial yang terjadi pada Activision Blizzard maupun Ubisoft untuk saat ini, namun dia tidak ingin mengklaim kalau perusahaan yang ia pimpin itu sempurna dan bebas dari hal negatif.

“Kami adalah komunitas dengan 10 ribu karyawan. Apakah akan ada masalah? Apakah ada orang-orang buruk datang atau adanya lingkungan kerja yang tidak baik di dalam perusahaan? Tentu saja. Sekalinya kamu mencapai tingkat sebesar itu, populasi yang sebesar itu, kamu mustahil untuk menghindarinya,” ucap Chris.

“[Tetapi] sama seperti toksisitas pemain, kamu tetap harus terus mengawasi tim dan melakukan investigasi komplain lalu mengambil aksi. Maka, ya, kami telah melakukan aksi signifikan dan telah melepas karyawan, dan lain-lain dalam beberapa tahun terakhir.”

Bagi Chris, perusahaan telah memberikan karyawan survei regular dan training untuk memberikan karyawan kenyamanan dan juga mengingatkan mereka akan kode etik perusahaan. EA juga telah memberi platform untuk karyawan ekspresikan pendapat mereka akan perusahaan mau itu internal maupun third-party.

Meski dengan pencegahan tersebut, baginya akan selalu ada potensi dimana satu atau dua karyawan membuat kontroversi yang menghebohkan media. Dan kembali lagi ia menegaskan bahwa tugas perusahaan ialah untuk segera mengambil aksi dalam mengatasi situasi tersebut.

“Apakah mungkin dalam dua minggu kedepan kami akan mendengar adanya seseorang yang bertingkah buruk di EA dalam periode waktu yang cukup lama? Saya yakin bakal ada saja, kembali lagi karena jumlah orang yang kami miliki. Dan tugas kami ialah untuk mengatasinya, mengambil aksi, dan menjadikan semuanya lebih baik lagi.”


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version