Electronic Arts Patenkan Sistem Controller yang Berubah Berdasarkan Skill Pemainnya

Electronic Arts Patenkan Sistem Controller yang Berubah Berdasarkan Skill Pemainnya

Electronic Arts Patenkan Sistem Controller – Sebuah konsol tidak bisa dilepaskan dari kontrolernya. Seiring perkembangan zaman, telah banyak inovasi yang dikeluarkan oleh para pengembang konsol  seperti Elite Wireless milik Xbox dan DualSense Edge milik Playstation, maupun perusahaan pihak ke-3 yang mengeluarkan desain atau kustomisasi kontroler game yang unik.

Melihat perkembangan ini, nampaknya perusahaan besar yaitu Electronic Arts (EA) juga tertarik untuk turun dalam lahan kontroler ini. Perusahaan game ternama asal Amerika Serikat tersebut baru-baru ini telah mendapatkan paten atas desain sistem kontroler baru. Desain kontroler ini cukup unik karena dapat merubah pengaturan kontroler sesuai dengan kemampuan bermain dari penggunanya.

Electronic Arts Patenkan Sistem Controller yang Berubah Sesuai Skill Penggunanya

Konsep Sistem Kontroler EA yang dapat Berubah Sesuai Skill Pemainnya

EA telah mendapatkan paten atas desain sistem kontroler yang mereka daftarkan sejak 2020 lalu. Konsep dari desain kontroler tersebut bernama automated controller configuration recommendation system, yang mana sistem ini dapat mengubah setingan kontroler berdasarkan skill penggunanya dalam bermain.

Dalam dokumen yang dikeluarkan oleh WIPO, selaku lembaga paten asal Amerika Serikat, menjelaskan bahwa sistem ini dapat melakukan penyesuaian konfigurasi dari kontroler yang digunakan berdasarkan beberapa data yang dikumpulkan dari penggunaan kontroler tersebut. Data yang dikumpulkan oleh sistem ini berdasarkan pada progres dan kecendrungan pengguna dalam menggunakan krontroler tersebut. Data lain seperti jenis kontroler yang digunakan dan pengaturan yang diterapkan oleh pemain juga akan ditampung oleh sistem ini.

Nantinya berdasarkan data yang telah dikumpulkan tersebut, sistem ini akan melakukan perubahan terhadap pengaturan dari kontroler tersebut sesuai  persetujuan dari pengguna. Rekomendasi pengaturan kontroler yang dikeluarkan oleh sistem ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih baik kepada pemain agar dapat memudahkan dalam meneruskan progres bermain mereka.

Walaupun telah dipatenkan, masih perlu waktu sebelum sistem ini benar-benar dapat diterapkan secara nyata. Mengingat sistem ini masih berupa konsep yang tentunya masih memerlukan banyak penyesuaian untuk dapat sepenuhnya diluncurkan di pasaran.

Konsep yang Sama Telah Diterapkan Sebelumnya

Cover Disk Game Shooter untuk PC MSX berjudul Zanac

Desain kontroler ini sebenarnya bukanlah sebuah konsep baru. pada tahun 1986 sebuah game shooter untuk PC MSX berjudul Zanac telah menerapkan sistem  bernama ALC (Automatic Level of Difficulty Control). Fungsi dari sistem ini yaitu dapat menyesuaikan tingkat kesulitan game berdasarkan progres dan performa dari pemain di game ini.

DualSense Edge, Controller Pro PS5 dari Sony Diumumkan

Sony baru saja mengumumkan DualSense Edge, Controller Pro PlayStation 5 yang nantinya bisa menambah kenyamanan serta akurasi bermain kalian. Padahal, DualSense reguler sendiri dikenal sangat nyaman oleh sebagian besar pemilik PlayStation 5. Controller ini akan bersaing langsung dengan Xbox Elite Controller.

Informasi selengkapnya bisa kalian baca di sini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Electronic Arts atau artikel lainnya dari Friliando. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version