Berubah Pikiran, Elon Musk Gratiskan Twitter API Berkat Akun Bot Kucing

Elon Musk Gratiskan Twitter Api

Twitter mungkin sedang tidak baik-baik saja belakangan ini. Pasca Elon Musk menjabat sebagai CEO, banyak sekali perubahan yang diambil olehnya terhadap perusahaan. Walau tidak semua perubahan bisa diterima oleh pengguna, setidaknya menurut Elon, keputusan tersebut akan baik bagi masa depan Twitter dan medsos kedepannya.

Elon Musk Gratiskan Twitter API untuk Beberapa Kasus Tertentu

CEO Twitter Elon Musk

Seperti belakangan ini Elon berencana akan menghapus layanan API Twitter yang sebelumnya gratis menjadi berbayar. Akses API Twitter ini bisa saja digunakan untuk akses login game atau sebagai alat pengumpulan data yang digunakan oleh bot.

Twitter seharusnya mencabut akses API ini per tanggal 9 Februari. Namun, ternyata Elon Musk sedikit banyak mendengar kritikan dari netizen burung biru dan memberikan respon terkait. Pada balasan cuitan kemarin, Elon sedikit berubah pikiran mengenai keputusannya.

Sosial media Twitter

Kedepannya Elon berencana akan menggratiskan akses API Twitter ini untuk akun bot yang dinilai punya konten bagus. Awalnya ia memutus layanan ini karena dikhawatirkan di-abuse oleh bot scammer dan manipulator opini masal.

Elon memang menargetkan biaya 100 dollar AS per bulan. Dengan ini pelaku tidak lagi punya akses untuk melancarkan kejahatannya dengan membuat akun sebanyak-banyaknya.

Elon Musk Melunak Didepan Akun Bot Kucing

Elon Musk dengar keluh kesah pengguna Twitter

Bagian yang menarik dari fenomena ini adalah ternyata secara tidak langsung, Elon mulai melunak dikarenakan akun PepitotheCat. Akun ini adalah sebuah akun bot yang menampilkan aktivitas harian seekor kucing. Akun tersebut menyatakan jika Twitter API berbayar diimplementasikan, akan mematikan engagement dari akun-akun dengan konten sejenis.

Kemungkinan besar Twitter akan memberikan akses write-only API secara gratis untuk bot yang menyuguhkan ‘konten bagus’ seperti akun bot kucing ini. Serentak banyak netizen yang mengucapkan rasa terima kasih karena telah meyakinkan Elon Musk menggratiskan fitur tersebut.

API tidak jadi berbayar untuk sebagian bot berkonten bagus

Meskipun akun seperti PepitotheCat bisa selamat dari perkara API ini, masih belum jelas bot seperti apa yang masuk dalam kategori ‘konten bagus’ menurut Elon. Sang CEO juga kepikiran untuk memberikan akses gratis ini untuk semua pengguna Twitter Blue.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version