Elon Musk Ingin Chatbot Grok AI Miliknya Jadi Open-Source Minggu Ini, Ada Apa?

Chatbot Grok Ai

Berita soal gelut antar Elon Musk dan OpenAI sepertinya masih belum usai. Setidaknya terlihat dari Elon yang masih mencuit berbagai pernyataan mengenai OpenAI. Mulai dari mengatakan perusahaan dibidang kecerdasan buatan tersebut adalah pembohong, dan berbagai pernyataan lainnya.

Setelah sempat melayangkan surat tuntutan kepada OpenAI beberapa saat lalu, kini Elon sepertinya ingin membuktikan kalau dia bisa saja merilis AI yang sedang dikembangkan olehnya yaitu Grok AI menjadi open-source. Suatu hal yang menurut Elon gagal dilakukan OpenAI.

Elon Musk Jadikan Chatbot Grok AI Open-Source Minggu Ini

Elon buka akses Grok ke publik minggu ini

Tak hanya menciptakan AI chatbotnya sendiri, Elon juga akan melawan OpenAI dengan cara merilis chatbot tersebut secara open-source. Hal tersebut tertuang dalam cuitannya tanggal 11 Maret lalu di media sosial miliknya, X.

Tidak jelas apapun maksud dari langkah ini. Hanya saja, Elon sepertinya ingin meyakinkan kalau Artificial Intelligence seperti chatbot ini seharusnya memang diberikan aksesnya secara publik, seperti tuntutan Elon terhadap OpenAI beberapa waktu lalu.

Menurut kanal berita Reuters, langkah ini membolehkan publik dengan bebas melakukan eksperimen dengan kode dari xAI serta menyelaraskannya dengan kode open-source dari Meta maupun Mistral.

Apa Jadinya Kalau AI Dibuka Aksesnya?

Elon yang berpandangan AI seharusnya open-source

Walau sekilas terlihat sebagai hal baik, banyak pakar yang ragu akan manfaat akses terbuka terhadap kecerdasan buatan ini dibanding masalah yang bisa ia bawa. Pasalnya, bisa saja teknologi ini disalahgunakan oleh teroris untuk membuat senjata kimia ataupun menciptakan kecerdasan super yang punya nuraninya sendiri.

Memang untuk saat ini belum ada tanda-tanda mengarah kesana. Tapi, dengan perkembangan yang cukup pesat ini, tidak menutup kemungkinan suatu saat dimasa depan bisa terjadi. Kalau kamu, apakah setuju AI jadi open-source saja atau sebaiknya tertutup?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version