Elon Musk Luncurkan Chatbot AI Grok, Diklaim Miliki Selera Humor

Chatbot Ai Grok

Elon Musk akhirnya meluncurkan chatbot AI Grok yang telah dipersiapkannya selama ini guna melawan dominasi kecerdasan buatan lainnya di pasaran. Untuk membedakannya dari AI pada umumnya, dikatakan bahwa AI tersebut ditanamkan selera humor supaya bisa menjadi teman berbicara yang nyaman. Memangnya sehebat apa ya?

Chatbot AI Grok Diluncurkan oleh Elon, Diklaim Miliki Selera Humor

xAI perkenalkan chatbot terbarunya

Bukan rahasia umum kalau kehadiran dari chatbot AI tampak semakin digemari, entah untuk menjadi teman bicara di kala gabut, atau mungkin untuk mencari jawaban secara cepat dari pertanyaan acak yang mungkin terpikirkan.

Elon yang sebelumnya memikirkan untuk ciptakan kecerdasan buatan bernama xAI beberapa bulan silam, pada akhirnya ikutan untuk menghadirkan kecerdasan buatan dalam bentuk chatbot AI yang diberi nama Grok.

Baru tersedia untuk member Twitter X Premium+

Melalui cuitannya baru-baru ini, dikatakan bahwa chatbot tersebut akan tersedia khusus pada Twitter X dan amat disayangkan hanya bisa diakses oleh mereka yang memiliki centang biru alias Premium+, di mana Grok bisa mengakses data user secara real-time, dan kemampuan untuk memberikan feedback.

Tidak hanya itu, untuk membuat percakapan terasa lebih natural, Elon mengatakan bahwa sistem pada chatbot yang masih dalam tahap pengembangan tersebut dirancang dapat memasukkan sedikit humor ke dalamnya.

Terinspirasi dari Novel Fiksi

Kecerdasan buatan yang terinspirasi dari novel fiksi

Asal muasal nama chatbot AI Grok tersebut dikatakan terinspirasi dari sebuah novel fiksi ilmiah berjudul “Stranger in a Strange Land” karya Robert Heinlein yang dirilis pada tahun 1961, di mana Elon katakan bahwa kata tersebut mengartikan pemahaman sesuatu secara menyeluruh dan intuitif.

Elon juga mengatakan bahwa kecerdasan buatan miliknya ini akan menolak untuk menjawab pertanyaan tertentu yang bersifat sensitif guna memastikan bahwa kecerdasan buatannya ini tidak disalahgunakan oleh mereka yang terlalu kepo meski konteksnya hanya bercanda.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version