Elon Musk Tunjukkan Video Monyet Bermain Video Game Gunakan Otak

in ,
Elon And Monkey
Eksperimennya akhirnya berhasil?

Mengendalikan video game menggunakan otak memang menjadi mimpi manusia di masa lalu, namun sepertinya hal tersebut tak menjadi mustahil di masa datang. Ini karena dua tahun yang lalu, miliuner Elon Musk menyatakan bahwa video game bisa dikendalikan hanya dengan otak dengan cara menanam microchip.

Untuk memperkuat pernyataannya, Musk bahkan mengatakan bahwa monyet, spesies primata yang cukup dekat dengan manusia bisa melakukannya. Meskipun terdengar menggelikan, namun kemungkinan tersebut bisa saja terjadi mengingat Gaben, pendiri Valve juga sempat mengatakan bahwa suatu saat video game akan bisa dikendalikan dengan pikiran. Kini, Musk membuktikannya dalam sebuah video.

Perusahaan Neuralink buatan Elon Musk akhirnya menunjukkan hasil eksperimen mereka selama berbulan-bulan dengan sebuah video bagaimana seekor monyet akhirnya bisa mengendalikan video game dengan pikirannya.

Dalam video di atas, ditunjukkan seekor monyet bernama Pager yang telah ditanamkan chip di dalam otaknya enam minggu yang lalu. Ia diberikan joystick yang terhubung dengan video game di mana ia akan menggunakannya untuk menggerakkan kursor ke kotak berwarna. Setiap kali ia berhasil melakukannya, Pager diberikan sebuah hadiah berupa jus pisang kesukaannya.

Aktifitas Pager direkam oleh chip yang kemudian dikirimkan ke komputer untuk menganalisa gerakan tangannya. Neuralink kemudian mencabut kabel Joystick dan kursor game masih bergerak menjalankan tugasnya sesuai pikiran Pager.

Tujuan Neuralink mengembangkan teknologi ini sebenarnya untuk membantu para penderita kelumpuhan untuk beraktifitas seperti biasa menggunakan otaknya. Musk mengamininya melalui cuitan akun Twitternya bahwa produk pertama dari Neuralink akan mungkinkan orang yang alami kelumpuhan untuk mengendalikan smartphone.

Musk melanjutkan bahwa dalam pengembangan lebih lanjut, produknya juga kemungkinan akan bisa membuat orang lumpuh bisa berjalan kembali. Ia juga menjamin bahwa chipnya aman karena bisa diisi ulang tanpa membutuhkan kabel atau wireless.

Penemuan Musk dan timnya di Neuralink menjadi salah satu terobosan tak hanya di dunia medis, namun juga bidang lain termasuk video game. Jika ini dikembangkan lebih lanjut oleh para ilmuwan di seluruh dunia, tentu saja bukan hal yang tidak mungkin apabila nantinya akan ada video game yang bisa dikendalikan dengan teknologi yang berasal dari Neuralink.


Baca lebih lanjut tentang Elon Musk dan Neuralink atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.