Emulator Nintendo Switch Mulai Bisa Memainkan Beberapa Game Komersil

in ,
Beberapa game sudah bisa dimainkan di emulator ini.

Sekitar tiga bulan yang lalu, terhembus kabar akan hadirnya emulator Nintendo Switch bernama yuzu dari tim developer emulator Nintendo Wii U yakni CEMU dan emulator Nintendo 3DS, Citra. Namun bukannya yuzu yang muncul sebagai inovasi akan lahirnya emulator baru dari mesin besutan Nintendo tersebut, melainkan “pemain baru” bernama RyujiNX. Menariknya, ia menjadi emulator Nintendo Switch pertama yang bisa memainkan beberapa game komersil.

https://www.youtube.com/watch?v=EJ0BoplAW10


Meskipun belum miliki performa yang baik alias sering lag, dua buah game komersil yang bisa dimainkan yakni Cave Story dan Puyo Puyo Tetris menjadi salah satu titik terang akan masa depan RyujiNX. Tentunya untuk saat ini kamu masih belum boleh berharap lebih akan mungkinnya game AAA milik Nintendo yang bisa dimainkan di sini. Namun, kemungkinan tersebut akan selalu ada di masa mendatang.

https://www.youtube.com/watch?v=uLHUbwAlm2w


Melalui deskripsi di situs resminya, RyujiNX merupakan emulator Nintendo Switch yang diprogram menggunakan bahasa pemrograman C#. Tim developer yang terdiri dari gdkchan, Dr.Hacknik, dan Ac_K menjelaskan bahwa mereka menargetkan performa yang baik, interface yang menarik, dan build yang konsisten pada emulatornya.

Lamanya pengerjaan akan menjadi sebuah tanda tanya besar apakah emulator ini berhasil capai targetnya dalam waktu singkat, atau justru lebih lama dari yuzu. Di sisi lain, akan sangat menarik apabila pihak Nintendo memiliki tanggapannya sendiri akan kehadiran dua emulator yang cukup menjanjikan ini. Entah mereka akan mengambil langkah hukum akibat hak cipta atau hal lain. Menurutmu?

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).