Kenapa Emulator PPSSPP Sering Dianggap sebagai Emulator PS2 di Internet?

Emulator PPSSPP Emulator Game PS2

Emulator PPSSPP PS2 – Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan emulator PSP bernama PPSSPP, bukan? Emulator tersebut menjadi salah satu emulator PSP yang banyak sekali direkomendasikan oleh para gamer dimana kalian bisa memainkan game PSP di PC/Laptop dan juga di HP Android.

Namun jika kalian coba menulis kata-kata “Emulator PS2” ataupun “Emulator PPSSPP” di mesin pencarian internet seperti Google, kalian pasti menemukan program emulasi bermain game PSP ini disebut sebagai emulator PlayStation 2. Tidak hanya 1 atau 2, bahkan kalian menemukan banyak sekali beberapa website menyebutkan hal yang sama di artikel ataupun tulisan mereka.

Emulator PPSSPP Sering Dianggap sebagai Emulator PS2 di Internet

Emulator yang Sering Dianggap sebagai Emulator Game PS2 di Internet

Dengan alasan tersebut, kami akan memberikan penjelasan mengenai kenapa emulator ini sering dianggap sebagai emulator PS2 di internet, terlebih pada hasil pencarian internet seperti Google khusus region Indonesia. Tulisan ini dibuat untuk meluruskan misinformasi terhadap statement yang menjadi misinformasi bagi para pembaca.

Banyak list game PSP yang seru dimainkan

Baiklah kita mulai saja pembahasan mengenai kenapa emulator PPSSPP sering dianggap sebagai emulator game PS2 di internet.

Apa Itu Emulator PPSSPP?

PPSSPP atau PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably adalah emulator gratis dan open source yang dapat menjalankan game PSP dibuat pertama kali oleh Henrik Rydgard bersama developer PPSSPP Team. Emulator ini menjadi primadona para gamer yang ingin bermain game PSP karena menghadirkan banyak keunggulan seperti sudah banyak game PSP yang sudah bisa dimainkan, fitur save states, fitur meningkatkan kualitas grafis menjadi HD dan lainnya. Tidak heran emulator ini sering direkomendasikan oleh para gamer.

Apakah Emulator PPSSPP Bisa Menjalankan Game PS2?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PPSSPP adalah emulator yang hanya dapat menjalankan game PSP. Jadi emulator PPSSPP tidak bisa menjalankan game PS2. Sementara itu, sejak update tahun 2021 yang lalu, PPSSPP Team memutuskan untuk tidak mendukung game PS1 baik itu file dalam bentuk ISO maupun EBOOT di emulator mereka. Karena emulator PS1 sendiri bisa kalian temukan banyak sekali di internet dibuat oleh tim yang berbeda seperti ePSXe.
Hal ini juga sudah diberi peringatan dari tim developer ketika kalian mencoba menjalankan game PS2 maupun PS1 dengan emulator ini dimana akan muncul tulisan “Could not load game. PPSSPP plays PSP Games, not PlayStation 1 or 2 games“.

Kenapa Emulator PPSSPP Sering Dianggap sebagai Emulator Game PS2 di Internet

Banyak website salah informasi mengira PPSSPP adalah emulator PlayStation 2

Setelah kalian mengetahui informasi dasar mengenai emulator ini, selanjutnya saya akan memberikan penjelasan dari topik utama pada artikel ini, yaitu “kenapa emulator PPSSPP sering dianggap sebagai emulator game PS2 di internet?”.

Setelah melakukan penelusuran pada beberapa website lokal yang menyebutkan secara langsung maupun tidak langsung emulator ini sebagai emulator PlayStation 2, tidak sedikit dari mereka menulis artikel berita, opini maupun artikel list rekomendasi yang salah paham atau misinformasi. Bahkan salah paham ini bisa kalian temukan pada website yang muncul paling atas atau paling populer menurut mesin pencarian internet seperti Google. Kalian bisa menemukannya sendiri ketika mencarinya dengan kata pencarian “emulator PS2”, “emulator PPSSPP PS2” dan sejenisnya di Google.

Banyak dugaan yang bisa saya simpulkan kenapa misinformasi ini bisa terjadi. Yang pertama adalah kurang tahunya penulis mengenai informasi seputar emulator PSP dan PS2. Hal ini bisa terjadi secara terus menerus dan menyebar kemana-mana dimana satu atau lebih penulis mengikuti informasi dari suatu website yang salah memberikan informasi tersebut dan kemudian dilanjutkan oleh penulis lain yang juga melakukan hal sama. Proses ini terus berlanjut hingga sekarang. Ini juga berlaku pada konten Youtube yang tidak sedikit dari mereka memberikan misinformasi seputar emulator buatan Henrik Rydgard.

Kedua adalah kejar target harian tulisan artikel yang perlu mereka selesaikan. Hal ini sudah cukup umum terjadi oleh para penulis dimana mereka harus mengejar target jumlah artikel setiap harinya. Ketiga adalah tidak adanya pengecekan terlebih dahulu, baik itu dari penulis maupun pihak Editor mereka.

Ada pula kondisi pada beberapa website yang mengambil kesempatan informasi ini untuk meningkatkan traffic dengan memanfaatkan kata-kata seperti “game PS2 yang bisa dimainkan di emulator PPSSPP”. Meskipun dari judul sebenarnya sudah misinformasi, namun penulis tersebut berusaha untuk menjelaskannya secara detil di dalam tulisan bahwa PPSSPP adalah emulator PSP bukan PS2.

Lalu kenapa mereka menggunakan kata-kata judul yang bisa bikin salah paham? Jawabannya sangat simpel, yaitu Keyword dan SEO. Kedua poin tersebut menjadi salah satu faktor penting suatu website media informasi untuk mendapatkan traffic dari pengunjung yang berasal dari mesin pencarian Google. Karena algoritma kata-kata “Emulator PS2” dan “PPSSPP” sudah terlanjur lekat dan memilki traffic yang tinggi serta banyak dicari orang, sudah jelas Keyword tersebut menjadi incaran penulis.

Tidak diketahui siapa pihak orang pertama yang memberikan misinformasi seperti ini. Apakah ini salah dari website lokal atau website luar? Atau mungkin salah algoritma SEO Google? Kita tidak pernah tahu jawabannya.

Don’t laugh, penulis kehabisan koleksi screenshot buat bahan artikel….

Itulah hasil penelusuran saya dalam mencari tahu kenapa emulator PPSSPP sering dianggap sebagai emulator PlayStation 2 di internet. Jadi kalian harus berhati-hati dalam mencari informasi yang ada di internet untuk selalu cross-check informasi yang kalian dapatkan tidak hanya berfokus dalam satu sumber saja. Cobalah untuk mencari tahu lebih banyak lagi dari sumber yang berbeda-beda.

Semoga informasi ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua, tidak hanya untuk pembaca, namun juga untuk semua pihak media informasi yang bertugas memberikan informasi kepada para pembaca website mereka.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait EmulatorPS2, PSP atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version