Emulator PS3 Kini Dapat Memainkan Persona 5 di PC dengan Sempurna

in , ,

Beberapa bulan lalu, salah satu pengembang emulator untuk konsol Playstation 3 yaitu RPCS3 sempat memamerkan progres yang telah mereka buat untuk menjalankan game Persona 5. Dan kini secara bangga mereka mengumumkan bahwa emulator mereka kini dapat menjalankan game eksklusif untuk Playstation 4 dan 3 tersebut secara sempurna. Dalam blog yang mereka luncurkan kemarin lewat blog resminya dijelaskan bahwa RPCS3 telah memperbaiki dua masalah besar yang dialami pada emulator mereka yaitu game akan crash setiap akan melakukan pertarungan ketika frame rate yang berjalan lebih dari 10-15 FPS, dan yang kedua dimana tanpa membuka RPCS3 debugger dan melakukan beberapa perlakuan khusus terhadap proccessor maka performa dari emulator ini akan anjlok.

fps yang didapat sudah sangat membaik

Sang pengembang pun menuliskan bahwa mereka telah mendata para pemain yang telah menyelesaikan lebih dari 100 jam di dalam game tersebut, sehingga kemungkinan besar seluruh masalah yang terjadi telah diketahui oleh mereka. Emulator ini sendiri mungkin belum bisa dibilang ramah spesifikasi dan performa, dimana frame rate yang akan didapat akan bervariasi antara 15-60 fps tergantung dari seberapa tinggi PC yang kamu miliki. Tapi setidaknya emulator ini kini tidak memerlukan pekerjaan atau perlakuan tambahan untuk memperbaiki performanya.

awal ketika RPCS3 mencoba menjalankan Persona 5

RPCS3 sendiri menunjukkan kinerja yang sangat cepat dalam pengembangan emulator untuk Persona 5, karena mereka sendiri menjelaskan bahwa awal ketika mereka mencoba memainkan game ini pada September 2016 mereka hanya mendapatkan frame rate sebesar 1 fps dengan gambar membayang yang bisa kamu lihat di atas. Namun secara cepat menunjukkan progres pada awal tahun dimana game sudah mulai bisa berjalan dan berbagai macam perbaikan terus dilakukan hingga dapat tampil seperti sekarang. Dan mereka pun masih tetap akan terus melakukan pengembangan dan perbaikan untuk game ini.

Di akhir blog, RPCS3 mengatakan bahwa keberhasilan menjalankan Persona 5 ini hanyalah awal. Dan mereka masih memiliki banyak pekerjaan untuk dapat menjalankan game-game ekslusif PS3 lain seperti Red Dead Redemption, Metal Gear Solid 4, dan The Last of Us.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]