Emulator PS3, RPCS3 Kini Support Hingga Resolusi 10K

in ,
Jika resolusi 4K masih belum cukup buatmu.

Emulator merupakan sebuah software yang mampu mengemulasikan sebuah hardware ke PC untuk menjalankan software yang dibuat khusus untuk hardware tersebut, misalnya saja emulator console video game rumahan. Tak jarang emulator miliki beberapa kemampuan yang didesain khusus untuk PC dan jauh lebih baik dari kemampuan hardware yang diemulasikan, misalnya saja kemampuan rendering yang lebih baik. Hal inilah yang juga dilakukan oleh emulator PlayStation 3, RPCS3.

Tim developer RPCS3 baru saja mengumumkan bahwa versi terbaru RPCS3 saat ini telah mensupport high resolution rendering. Fitur ini membuat emulator mampu memainkan video game di resolusi yang sangat tinggi, seberapa tinggi? Hingga resolusi 10K. Saat ini masih terdapat sekitar sepuluh game yang mampu dijalankan dengan resolusi ini, salah satu di antaranya adalah Red Dead Redemption, Demon’s Souls, dan Persona 5. Tidak hanya itu saja, emulator ini juga diberikan support native Antisotropic Filtering yang membuatnya mampu menampilkan tekstur yang lebih baik jika ada object yang terlihat di kejauhan. Kamu bisa melihat hasilnya sendiri melalui video di bawah, dimana tingkat visualnya terlihat jauh lebih baik dari versi sebelumnya, atau bahkan lebih baik dari versi console originalnya sendiri?



Saat ini RPCS3 juga telah mensupport dua opsi resolusi: Resolution dan Resolution Scale. Opsi Resolution akan mampu disetting hingga resolusi 1280x720p untuk semua game PS3, sementara opsi Resolution Scale akan mampu merender game PS3 ke resolusi yang lebih tinggi. Opsi Resolution Scale tentunya akan membutuhkan GPU dengan kekuatan yang lebih tinggi agar bisa menjalankan gamenya ke resolusi yang kamu inginkan.

Tidak berhenti sampai disitu saja, pihak developer berniat akan memberikan custom anti-aliasing dan texture scaling algorithms di versi terbaru RPCS3 kelak. Kedua kemampuan ini membuat emulator tersebut akan mampu menampilkan tampilan visual yang lebih baik. Kita tunggu saja.

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.