Emulator RPCS3 Sudah Bisa Booting Semua Katalog Game PS3

Emulator RPCS3 Sudah Bisa Booting

Emulator RPCS3 Sudah Bisa Booting – Tim RPCS3 umumkan kalau emulator Playstation 3 mereka kini sudah bisa jalankan semua game, setidaknya sudah tidak ada lagi game dari katalog PS3 yang gagal “booting” oleh program tersebut.

Emulator RPCS3 Sudah Bisa Booting Semua Game PS3, Meski Tak Semuanya Playable

Emulator RPCS3 Sudah Bisa Booting Semua Game PS3

Dari titik ini, tim developer emulator PS3 hanya perlu meningkatkan performa dari masing-masing game. Mereka juga akan terus perbaiki masalah-masalah visual dari game-game yang masih bermasalah.

Melalui statistik mereka, 67,98% game sudah playable dari awal sampai tamat, 28,59% bisa dimainkan sebagian saja, dan 3,42% bisa diluncurkan tapi sebatas di awal saja. Meskipun tidak secara total playable, melihat semua katalog PS3 sudah bisa di-load menjadi prestasi tersendiri karena progres pengembangan emulator tergolong sangat cepat.

Tentunya gamer tidak akan jalankan semua katalog game PS3 lewat emulator. Dominan orang hanya menggunakan program ini untuk mainkan game-game first-party yang tidak tuju PC seperti Ratchet and Clank, Metal Gear Solid 4, God of War 3, dan 3 game pertama Uncharted.

Moralitas Emulator

RPCS3

Layaknya emulator pada umumnya, RPCS3 akan membutuhkan konfigurasi PC yang tinggi khususnya dari segi CPU. Dan bahkan dengan PC yang mumpuni, beberapa bagian dari game mungkin akan mengalami masalah teknis tertentu seperti FPS drop hingga tekstur yang tidak sesuai. Developer emulator ini terus memperbaiki hal tersebut.

Program emulator memang sering mengundang tanda tanya akan moralitasnya. Pada satu sisi, keberadaan program satu ini membuat orang malas untuk berpaling ke console aslinya apalagi ketika emulator berhasil mencapai performa yang lebih baik.

Tetapi sebuah console tidak akan bertahan selamanya dan tidak akan diproduksi secara terus menerus. Membuat emulator menjadi solusi jangka panjang untuk kelestarian game lama. Kita dapat melihat kalau game-game di era PS1, Sega Dreamcast, Nintendo 64 dan generasi ke bawahnya lagi sudah langka dan hampir mustahil untuk mendapatkannya secara orisinil, membuat harga-harga game klasik tersebut mencapai ratusan juta yang di mana gamer takkan mau membayar seharga itu kecuali kolektor.

Emulasi tidaklah ilegal karena ia hanyalah program yang dibuat untuk mereplika cara kerja sebuah benda fisik. Komponen seperti bios dan kunci sistem bahkan diminta oleh developer untuk cari sendiri. Yang ilegal ialah mengunduh file game yang akan dimainkan, tetapi lagi-lagi kembali pada masalah yang telah disebutkan di paragraf sebelumnya.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang RPCS3 beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version