Emulator Yuzu Resmi Ditutup dan Dihentikan setelah Dituntut Nintendo

Emulator Yuzu

Emulator Yuzu Nintendo Switch – Beberapa hari yang lalu, salah satu emulator open source populer yang dapat menjalankan emulasi Nintendo Switch, yaitu Emulator Yuzu, dikabarkan harus mengalami tuntutan dari pihak Nintendo. Pihak kreatornya harus mengalami banyak tuntutan dari mereka terkait pelanggaran hak cipta yang dimiliki oleh Nintendo.

Emulator Yuzu dan Citra Resmi Ditutup atas Tuntutan dari Nintendo

Wait, ditutup?!

Dan baru-baru ini, hasil persidangan dari kasus tuntutan Nintendo terhadap emulator Yuzu telah diumumkan. Melalui pengumuman resmi di akun Twitter, kreator pembuat emulator Yuzu beserta Citra (emulator 3DS) mengabarkan bahwa mereka sudah resmi menghentikan pengembangan emulator open source-nya.

Hal ini sesuai dengan hasil persidangan US District Court of Rhode Island dimana tim pembuat emulator open source tersebut menghentikan segala proses pembuatan ataupun pengembangan lanjut dari aplikasi software mereka.

Kena Denda dengan Nilai yang Sangat Besar

Berapa denda yang harus diterima tim Yuzu?

Selain harus menghentikan pengembangan emulator open source Nintendo Switch, tim Yuzu juga harus terkena denda dengan nilai yang sangat besar. Berdasarkan hasil persidangan, tim emulator Yuzu dikenai denda sebesar $2.4 Juta atau sekitar Rp 37,8 Miliar.

Berikut ini pernyataan dari tim Yuzu dan juga pembuat emulator Citra terkait penutupan dan pemberhentian pengembangan emulator open source mereka.

Pernyataan resmi dari tim Yuzu terkait pemberhentian dan penutupan emulator mereka

Hello yuz-ers dan fans Citra: kami memberitahukan hari ini kepada kalian bahwa yuzu dan pendukung dari Citra telah dihentikan secara efektif sekarang.

yuzu dan timnya selalu menentang pembajakan. Kami memulai proyek ini berharap yang terbaik kepada para penggiat Nintendo dan juga konsol beserta gamenya dan tidak ada niat untuk membuat suatu pihak rugi. Tapi kami melihat sekarang bahwa proyek kami membuat sisem teknologi perlindungan dan membuat penggunanya bisa memainkan game diluar izin resmi hardware sehingga terjadinya pembajakan secara besar-besaran. Secara khusus, kami merasa sangat kecewa ketika penggunanya menggunakan software kami untuk membocorkan game-game yang dirilis dan merusak pengalaman membeli secara legal dan juga fansnya.

Kami telah memutuskan bahwa kami tidak bisa membiarkan hal ini lebih lanjut. Pembajakan bukanlah niat dari kami dan kami percaya bahwa pembajakan video game dan konsolnya harus dihentikan. Terhitung hari ini, kami menarik semua kode pengembangan offline, mengentikan semua akun Patreon beserta server Discord, dan menutup semua website kami. Kami berharap tindakan kami bisa menjadi langkah kecil mengakhiri pembajakan untuk semua pekerja kreator.

Terima kasih sudah mendukung kami selama ini dan memahami keputusan dari kami.

Tim Emulator Yuzu

Itulah informasi mengenai emulator Yuzu dan juga Citra telah resmi ditutup dan dihentikan pengembangannya setelah dituntut oleh Nintendo. Bagaimana menurut kalian dengan hal ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Yuzu atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version