Epic Games Akuisisi Startup “Quixel” untuk Membuat Game Terlihat Lebih Nyata

UnrealEngine blog epic games and quixel join forces to empower creators FB Quixel Epic 1200x630 ab85cc28e3c821350c43b8545f4cafca6e3e5045

Di era yang serba canggih dan teknologi yang begitu maju pesat ini menuntut para developer game untuk menghadirkan sesuatu dengan standar yang lebih tinggi lagi. Salah satunya meningkatkan standar grafis atau visual suatu game meningat saat ini juga perangkat keras pendukung sudah begitu kencang.

Terlebih tahun depan konsol next-gen mulai dipasarkan, tentunya ini menjadi PR besar untuk developer agar dapat memaksimalkan potensi dari perangkat keras konsol itu sendiri. Hal itulah yang kini dilakukan oleh Epic Games, melansir dari Venturebeat developer dibalik suksesnya Fortnite ini ternyata “gercep” dengan mengakuisisi sebuah startup yang bergerak di bidang visual dan efek khususnya untuk photogrammetry bernama Quixel.

Perlu diketahui, Quixel sendiri merupakan startup yang menghasilkan banyak karya khususnya visual 3D yang merepresentasikan dunia nyata. Bahkan aset-aset yang dibuatnya seringkali digunakan untuk kepentingan film animasi maupun pembuatan video games. Portofolio dari Quixel sendiri juga tidak main-main, pada bulan Maret yang lalu mereka memperlihatkan hasil karyanya dalam sebuah film pendek, ya literally pendek si berjudul “Rebirth“. Visual atau grafis yang ditampilkan begitu nyata dan halus, tak heran Epic Games tertarik untuk mengakusisi startup tersebut.



Well, kembali lagi ke Epic Games. Akuisisi yang dilakukan ini sepertinya untuk memperkuat engine besutannya yaitu Unreal Engine agar lebih maksimal lagi dalam kasus ini lebih ke meningkatkan aset-aset dengan kualitas yang lebih tinggi lagi atau mungkin mendekati yang ada di dunia nyata. Yang lebih menarik lagi adalah sang Founder sekaligus CEO Epic Games yaitu Tim Sweeney memberikan pernyataan bahwa:

“Membangun konten 3D photorealistic dalam pengembangan video games maupun film membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan bergabung bersama Quixel kita dapat memberikan Megascan (sebutan untuk library dengan resolusi tinggi dapat diakses secara online menampilkan objek terlihat begitu nyata seperti yang ada di dunia nyata) secara gratis untuk semua pengguna Unreal Engine, tingkatan seni ini kini dapat dinikmati olehpengembang indie hingga AAA sekalipun.”

Ini sepertinya cukup menarik, kita lihat saja nanti akan seperti apa standar baru untuk game-game di konsol next-gen tahun depan. Oh iya, beberapa aset yang ada di film pendek “Rebirth” nantinya bisa diunduh di Unreal Engine versi 4.24 mendatang. Sebelum ditutup, penulis sepertinya mencium bau-bau Fortnite di konsol next-gen kali ya ?

 

Sumber: Venturebeat

 

 


Mau baca artikel seputar Epic Games hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

Exit mobile version