Epic Games Berhasil Ciptakan Teknologi “Manusia Digital” yang Terlampau Realistik

siren 1

Era baru dunia video game ?

Sekarang kita mulai semakin paham kenapa Epic Games mau begitu saja memberikan asset game MOBA Paragon mereka secara cuma-cuma ? Ternyata mereka saat ini sedang mencoba membuat suatu terobosan yang begitu revolusioner di dunia industri video game. Seperti yang kita tahu, teknologi mocap atau motion capture sekarang sudah banyak digunakan oleh para pengembang game berlabel AAA. Meski awalnya terkesan keren, namun lama-kelamaan motion capture seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para developer yang ingin membuat game dengan grafis layak. Nah sekarang bagaimana apabila teknologi tersebut benar-benar difokuskan sebanyak 200% secara maksimal ?

Hasilnya, kita akhirnya bisa menyaksikan terpampangnya seorang karakter digital dengan kualitas grafis yang sudah bukan indah lagi, melainkan sangat ultra realis. Jika kamu melihat gambar seorang wanita di atas, percayalah bahwa wanita di gambar tersebut adalah sebuah hasil kreasi digital dari Epic Games yang kali ini berkolaborasi bersama Tencent demi menunjukan seperti apa bentuk-bentuk karya digital pada generasi selanjutnya ? Sosok wanita digital yang hampir 90% identik dengan kenyataan ini mereka sebut sebagai manusia digital pertama yang bernama “Siren“.

 

Menariknya, Siren tidak hanya dibuat dengan kerealisannya saja lewat Unreal Engine. Animasi dari Siren ini juga dirender secara langsung atau online. Jadi kamu nantinya juga akan dapat berinteraksi secara langsung pula dengan Siren. Di sini, Epic Games tidak bekerja secara solo. Mereka juga menggandeng beberapa developer lain demi menyempurnakan proyeknya, seperti 3Lateral di bagian pembuatan desain rigging, lalu juga ada Cubic Motion dengan bantuan programnya yang dapat membantu terciptanya facial animation dengan cepat dan instan. Dimana program yang dimiliki oleh Cubic Motion ini mampu melacak lebih dari 200 facial feature dengan kecepatan 90 FPS dan mampu secara otomatis memetakan data digital dari karakter Siren tersebut secara online atau real time.

Teknologi dan peralatan mocap dari Siren juga dibantu lewat Vicon dengan softwarenya yang dapat membaca gerakan tubuh dan jari dalam layar pertama guna mengalirkan data tersebut ke Unreal Engine secara langsung. Lalu pada layar kedua, karakter Siren diciptakan dengan menggunakan wajah dari aktris asal Tiongkok bernama Bingjie Jiang yang sudah tersinkron ke dalam Unreal Engine dengan kecepatan konstan 60 FPS. Sedangkan untuk artis mocapnya sendiri justru diperankan oleh seorang wanita asal Inggris yang bernama Alexa Leewore.

 

Demonstrasi dari Siren ini nampaknya akan menjadi sebuah gambaran masa depan dari dunia hobi yang kita gemari ini. Menurut info dari mereka, kabarnya teknologi ataupun kualitas grafis ala Siren tersebut diprediksi akan bisa mulai kita rasakan secara gamblang di sekitar tahun 2020. Oleh karena itu, sudahkah kalian mempersiapkan dompet eh maksudnya diri kalian dalam menghadapinya ?

Sumber: Venture Beat

Exit mobile version