Epic Games Berikan 100 Persen Pendapatan untuk Publisher yang Rilis Game Eksklusif di EGS

Epic Games Berikan 100 persen Pendapatan

Persaingan digital game store saat ini memang jauh didominasi oleh Steam. Epic sebagai pemain yang sudah cukup lama ini hampir tidak bisa menyaingi terkait jumlah pengguna. Berbagai publisher juga lebih menyukai rilis game mereka di Steam meskipun platform tersebut mengambil 30% dari pendapatan game dimana Epic Games hanya 12%.

Dengan 12% cut saja tampaknya tidak cukup untuk menggaet publisher untuk rilis game eksklusif disana. Tapi, Epic Games sepertinya belum kehabisan akal dan punya senjata baru untuk melawan raksasa dari Valve ini.

Epic Games Berikan 100 Persen Pendapatan untuk Publisher Asal Rilis Eksklusif di EGS

Program baru EGS

Melalui pengumuman resmi mereka, EGS akan merilis program baru dimana mereka akan memberikan 100% keuntungan dari penjualan game kepada publisher melalui ‘Epic First Run Program.’

Kelak publisher akan bisa mendapatkan 100% keuntungan bila mau menandatangani kontrak perilisan game eksklusif di EGS selama 6 bulan. Kontrak ini juga tidak ada pemaksaan dan berupa pilihan tambahan yang boleh publisher ambil atau tidak.

EGS, platform penyedia game digital

Hari ini kami mengenalkan Epic First Run Program: sebuah program eksklusivitas yang tidak diwajibkan untuk developer pihak ketiga di Epic Games Store. Program baru ini nantinya akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk meningkatkan pendapatan bersih dari pengguna yang membeli produk yang berlaku dari sebelumnya 88% menjadi 100% pada 6 bulan pertama. Setelah 6 bulan, peserta akan tetap mendapatkan pembagian keuntungan 88% – 12%.

Epic Games

Cara Baru untuk Gaet Publisher ke Platform Epic Games Store

Fortnite, salah satu game first party Epic Games

Tidak bisa dipungkiri, cara ini bisa saja menambahkan jumlah publisher yang mau merilis game mereka eksklusif di EGS. Walau mungkin publisher besar tidak begitu tertarik soal revenue dibanding brand awareness yang didapatkan di Steam, publisher indie mungkin akan berpindah haluan ke sana.

Hanya saja kita perlu melihat apakah profit 12% itu akan sebanding dengan free marketing hanya dengan berada di Steam yang lebih populer di kalangan gamer. Kita masih harus menerka-nerka apa yang akan terjadi setelahnya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version