Epic Games Dituduh Mengeksploitasi Talenta Afrika-Amerika Dalam Gugatan Dance Move Terbaru

1 2 milly suing Fortnite epic games legal action milly rock

Setelah sebelumnya epic games tergugat dalam kasus copyright jogetan mereka di in-game oleh beberapa artis. Belakangan diketahui Epic Games kembali terjerat dengan kasus eksploitasi talenta Afrika-Amerika dalam dance terbaru mereka.

Epic Games telah dituduh secara konsisten berupaya mengeksploitasi bakat Afrika-Amerika oleh duo terkenal karena mempopulerkan Running Man Challenge.

Tuduhan muncul dalam pengajuan gugatan terhadap pengembang Fortnite oleh penggugat Jared Nickens dan Jaylen Brantley, yang mengklaim telah menciptakan tarian pada tahun 2016 lalu saat bermain bersama di tim bola basket yang sama di Universitas Maryland.

Menurut gugatan tersebut, Epic Games mendapat untung yang tidak adil dari ekspresi kreatif penggugat, menjual tarian tersebut dengan nama Running Man. Ini adalah gugatan terbaru yang diajukan terhadap Epic Games atas tuduhan penyalahgunaan dance move yang dilindungi hak cipta.

“Epic telah menyalin tarian dan gerakan banyak pemain Afrika-Amerika … Epic tidak meminta izin atau otorisasi untuk menggunakan gerakan atau tarian ini terlebih dahulu,” jelas mereka.

Diarsipkan pada minggu ini, kasus ini muncul tak lama setelah Alfonso Ribeiro ditolak hak ciptanya untuk tarian Carlton. Hal ini adalah langkah awal dalam pertempuran hukum yang berlangsung antara “si pencipta” melawan Epic Games, dan bisa menjadi contoh di tengah ketatnya persaingan saat ini.

Meskipun Kantor Hak Cipta AS yang melindungi hak cipta dari tarian Ribeiro tersebut terlalu sederhana untuk dilindungi oleh hukum, Nickens dan Brantley tetap maju dan membawa kasus mereka ke Pengadilan Distrik Maryland.

Pengajuan tersebut menuduh pelanggaran hak cipta, pelanggaran iuran hak cipta, pelanggaran hak publisitas, dan persaingan tidak sehat.

Exit mobile version