Epic Games Kolaborasi dengan LEGO, Kembangkan Metaverse Tema Anak-Anak

Epic Games Kolaborasi Dengan Lego

Epic Games Kolaborasi Dengan Lego

Belakangan ini, konsep Metaverse memang kerap muncul menjadi topik perbincangan di dunia maya. Kehadiran dunia virtual dimana para penggunanya dapat mengekspresikan diri secara bebas menjadi alasan utama populernya Metaverse. Kini, salah satu developer game ternama yakni Epic Games kolaborasi dengan LEGO untuk mengembangkan dunia metaverse yang ditargetkan untuk keluarga dan anak-anak.

Konsep metaverse sendiri umumnya lebih sering ditujukan untuk orang dewasa, yang tentunya tidak cocok sebagai “taman bermain” untuk anak-anak. Terlebih dari berbagai konten di dalamnya yang lebih ditargetkan untuk pengguna dengan umur diatas 18. Hal itulah sepertinya yang menjadi alasan Epic Games untuk mengembangkan metaverse unik yang menganut tema family-friendly.

Garap Metaverse Berkonsep Family-Friendly, Epic Games Kolaborasi dengan LEGO

LEGO x Epic Games

Pengumuman Epic Games Kolaborasi Dengan Lego pertama kali dipublikasi melalui situs resminya, yang kemudian dibagikan melalui sejumlah akun media sosial resmi. Perusahaan yang dikenal sebagai developer dari game Fortnite tersebut dikatakan siap bekerja sama dengan LEGO, perusahaan mainan rakitan ternama demi mengembangkan sebuah metaverse dengan anak-anak sebagai target utamanya.

Saat ini, pengembangan masih dalam tahap awal dan belum banyak informasi detail yang dapat dibagikan. Namun, Epic Games sempat menjelaskan bahwa metaverse ini akan memberikan pengalaman unik dan tentunya juga aman bagi anak-anak. Mereka juga memiliki tiga prinsip utama dalam mengembangkan projek yakni mengutamakan keamanan dan suasana aman bagi anak-anak, perlindungan privasi dan berbagai “alat” yang nantinya dapat digunakan oleh orang tua untuk memonitor kegiatan di metaverse.

Melalui press release, Tim Sweeney selaku CEO dari Epic Games menyatakan bahwa perusahaan LEGO dikatakan cukup berpengalaman dalam menyediakan produk kreatif dan inovatif bagi anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga, mereka pun dipercaya dalam bekerja sama mengembangkan metaverse yang menghibur, menyenangkan dan juga aman bagi keluarga dan anak-anak.

Kepopuleran Industri Metaverse

Facebook Metaverse

Sebelum adanya metaverse versi Epic Games Kolaborasi dengan LEGO, konsep tersebut sebenarnya sudah ada sejak lama dengan hadinya sejumlah dunia virtual seperti VRchat dan Second Life. Namun, yang membuatnya populer belakangan ini adalah dengan hadirnya Facebook Metaverse yang baru saja diumumkan beberapa waktu lalu.

Kepopuleran tersebut pun membuat berbagai perusahaan terinspirasi untuk menggarap hal yang serupa. Bahkan beberapa diantaranya datang dari perusahaan video game, seperti Microsoft yang berencana kembangkan metaverse untuk platform Xbox, Bandai Namco yang menginvestasi $140 juta demi metaverse, developer Pokemon Go yakni Niantic yang juga berencana kembangkan metaverse dan masih banyak perusahaan lainnya yang saling berlomba-lomba dalam mengembangkan metaverse.

Meski dengan kabar Epic Games kolaborasi dengan LEGO, metaverse sendiri hingga kini masih sering menjadi perdebatan di internet. Beberapa orang mendukung kehadiran metaverse karena konsepnya yang unik dan inovatif. Namun beberapa diantaranya juga ada yang menentang karena dianggap dapat beresiko memberikan pengaruh negatif, mengingat tema kebebasan berekspresi yang dimilikinya.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Epic Games Metaverse serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version