Epic Games Luncurkan Program Pendanaan Developer dengan Nilai Hingga 1 Trilliun Rupiah

in
Syaratnya bebas, memakai Unreal Engine atau memasarkannya di Epic Store pun tak wajib.

Membuat video game jelas bukanlah merupakan perkerjaan yang mudah. Butuh beragam modal, waktu dan tenaga yang harus rela para kreator korbankan demi terciptanya suatu produk yang betul-betul diharapkan. Epic Games selaku publisher dan developer sepertinya paham betul tentang suatu tantangan atau ketakutan yang biasa menghalangi banyak orang dalam berkarya.

Sehingga oleh karenanya, baru-baru ini Epic Games secara mengejutkan berinisatif untuk membantu para kreator-kreator yang sangat haus untuk mengeluarkan isi potensi kreatif mereka yang sebenarnya. Lewat programnya yang dinamai Epic MegaGrants, Epic Games telah menyiapkan dana sebesar $100 juta atau setara 1,4 trilliun Rupiah untuk sebisa mungkin menghadiahkan itu semua kepada pihak-pihak di bidang industri kreatif yang mau bersedia untuk mengikuti program ini.

Mengingat bahwa Epic Games melalui platform Epic Store memiliki semacam kontroversi terkait dengan hal-hal yang berbau eksklusif di dalamnya, para partisipan developer yang mengikuti program Epic MegaGrants telah dijaminkan untuk tidak perlu khawatir. Sama sekali tak ada syarat-syarat yang terlampau mengikat seperti kewajiban untuk memakai jasa Unreal Engine ataupun memasarkan game di platform Epic Store.

Sistemnya pun simpel. Para developer wajib untuk mengirimkan sebuah portofolio proyek game yang hendak diaistensikan langsung kepada pihak Epic Games. Bila contoh proyek dari si developer dianggap layak berdasarkan penilaian mereka, maka dalam beberapa bulan kemudian pihak Epic akan memberi kabar beserta dengan hadiah pendanaan yang berkisar diantara $5.000 sampai $500.000 (tergantung dari seberapa besar tingkat kompleksitas suatu proyek).

Dengan bantuan dana tersebut, pihak Epic berharap bila para developer nantinya bisa merealisasikan dan mempublikasikan proyek yang telah dibuatnya itu di hadapan para khalayak secara bebas. Tidak ada semacam tanggal jatuh tempo selama total kas sejumlah $100 juta yang sudah diprogramkan masih belum habis. Selain video game, program ini juga mendukung untuk para kreator-kreator film, software, hingga demi keperluan pengembangan pendidikan sekalipun.

Jika ada para orang-orang kreatif di Indonesia di sini yang cukup tertarik, kalian juga boleh ikut berpartisipasi serta mengetahui informasi lebih lanjut melalui link berikut ini. Selamat mencoba dan semoga sukses untuk kalian !


Baca pula informasi lain terkait Epic Games, beserta dengan cerita-cerita menarik seputar video game dari saya, Ido Limando.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.