Epic Games Resmi Raih Penghargaan dari BAFTA atas Kontribusinya pada Industri Game

fdWCQca4BppTFWyXxWyQHi 970 80

Lewat bentuk inovasi yang berhasil diberikan

Di tahun 2019, Epic Games belakangan telah menjadi satu pihak yang selalu mengundang banyak perhatian di industri game saat ini. Entah itu positif atau negatif, yang jelas inisiasi keberadaan Epic Games Store betul-betul sukses menuai suatu reaksi yang cukup kontroversial. Kebijakan pengeksklusifan game yang mereka terapkan memang menjadi hal yang selalu menghiasi perusahaan ini.

Ditengah derasnya kritik yang menghujam, Epic Games sendiri nampak terlihat acuh. Mereka masih tetap berfokus dalam menjalankan misinya untuk menjadi yang terbaik di dunia industri video game. Jika mendirikan toko digital ala Steam, dan mengeksklusikan game di sana masih terdengar belum cukup, Epic pun belakangan telah berhasil dipercaya sebagai satu pihak yang siap mensponsori salah satu event pameran game terbesar milik E3 seperti PC Gaming Show.

Sepak terjang Epic yang begitu progresif tersebut rupanya telah berhasil memancing perhatian dari satu pihak yang kebetulan tidak memiliki kaitan apapun tentang video game. Sebuah badan yang biasa memberikan penghargaan tentang film atau TV seperti BAFTA (British Academy of Film and Television Arts), rupanya punya suatu penilaian tersendiri terhadap keberadaan Epic Games.

Secara terhormat, Epic Games baru saja dianugerahi sebuah penghargaan khusus yang sangat spesial dari BAFTA. Dilansir melalui press releasesnya, Epic kini dianggap sebagai pihak yang sukses memimpin serta menciptakan berbagai inovasi untuk dunia industri game di era-era sekarang ini. Berhasil pula mengembangkan sejumlah game yang cukup fenomenal seperti ZZT, Gears of War dan Fortnite sejak pertama kali berdiri pada tahun 1991 silam.

BAFTA pun juga menyebut jasa Epic Games yang sangat begitu luar biasa dalam mempelopori penciptaan Unreal Engine. Dimana engine game milik Epic tersebut telah sukses melahirkan berjibun game-game terbaik seperti Hellblade: Senua’s Sacrifice, What Remains of Edith Finch, Rocket League, Mass Effect, BioShock and seri Batman Arkham.

Tidak seperti penghargaan BAFTA pada umumnya, penghargaan yang diterima Epic ini tergolong sebagai penghargaan khusus. Biasa diberikan sebagai wujud apresiasi mereka kepada seluruh pihak di dunia industri hiburan (termasuk video game) yang cukup sukses memberikan pengaruh besar untuk industri tersebut. Sebelum Epic Games yang memenangkan, dulunya sempat ada Sam serta Dan Houser (pencipta franchise GTA dari Rockstar) yang tak ketinggalan juga ikut menerima penghargaan dari BAFTA di tahun 2014 kemarin.

Sesi pemberian piagamnya untuk pihak Epic Games sendiri nantinya akan diadakan tepat pada saat event E3 2019 mengudara. Siap diterima langsung oleh Tim Sweeney selaku CEO Epic pada tanggal 12 Juni 2019 di gedung Los Angeles Convention Center, Amerika Serikat.

Sumber: BAFTA


Baca pula informasi lain terkait Epic Games, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version