Epic Games Store Mulai Uji Coba Sistem Terbit Mandiri untuk Para Publisher

Epic Games Store Explainer Header 01
Publisher akan bisa mempublish gamenya sendiri di Epic Games Store.

Meskipun berani nyatakan “perang” terhadap Steam, namun pada kenyataannya Epic Games Store masih tak miliki banyak fitur seperti toko digital video game milik Valve tersebut. Pelan namun pasti mereka kembangkan tokonya dengan ragam fitur yang dirilis secara berkala dalam waktu yang cukup lama.

Salah satu keunggulan Epic Games Store tentu saja pembayaran yang lebih beragam untuk beberapa negara. Namun sayangnya mereka masih memonopoli harga game dan diskon yang sempat tuai drama saat event diskon pertamanya dimulai beberapa tahun lalu tanpa sepengetahuan publisher.

Kabar baiknya? Kini akhirnya mereka memberikan program untuk perbolehkan para publisher untuk terbitkan gamenya sendiri.

Menurut postingan blog resminya, Epic mengatakan bahwa mereka tengah menggelar uji coba closed beta untuk sistem terbit mandiri. Mereka mengaku bahwa uji coba tersebut saat ini hanya melalui undangan, namun publisher yang tertarik bisa langsung mengunjungi link berikut untuk masuk seleksi.

Epic lakukan closed beta tersebut demi meminta tanggapan dari para publisher dan developer sekaligus menguji coba alat yang telah mereka buat.

Sistem ini simplenya mirip dengan Steam Direct yang berakhir kacau karena publisher bisa dengan sesuka hati mempublish gamenya sendiri tanpa diseleksi oleh Valve. Epic sendiri mengaku bahwa beberapa konten game yang mengandung pornografi, sesuatu yang ilegal, hingga malware takkan mereka perbolehkan untuk muncul di tokonya.

Belum jelas kapan sistem ini akan bisa dinikmati oleh publisher dan developer secara terbuka. Namun akan sangat menarik melihat bagaimana sistem terbit mandiri yang digelar Epic. Termasuk bagaimana mereka akan menyelesaikan masalah yang sama seperti yang pernah dialami Steam.


Baca lebih lanjut tentang Epic Games, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version