Epic Games Tawarkan $200 Juta untuk Porting 6 Game Eksklusif PlayStation ke PC

Days Gone
Menurut dokumen yang bocor di forum.

Memindahkan game eksklusif PlayStation ke PC bukanlah sebuah keputusan yang mudah bagi Sony. Di satu sisi mereka kehilangan eksklusivitasnya, di sisi lain perlu biaya tambahan untuk lakukan porting game mereka ke platform paling netral tersebut.

Meskipun demikian, franchise eksklusif seperti Horizon Zero Dawn justru laris manis dan memberikan keuntungan tambahan yang berlimpah bagi Sony. Kesuksesan tersebut rupanya juga dilihat salah satu partner mereka, Epic Games untuk membuka kesempatan merilis lebih banyak game eksklusif PlayStation ke PC.

Setidaknya menurut dokumen yang sempat bocor ke publik saat kasus Epic vs Apple mengemuka.

Menurut dokumen yang diposting ke forum ResetEra, Epic Games tengah targetkan tiga perusahaan console seperti Nintendo, Microsoft, dan Sony untuk targetkan game mereka ke toko PC miliknya, Epic Games Store.

Franchise utama Nintendo disebut sebagai sesuatu yang tak mungkin terjadi ke PC karena dari sejarah perusahaannya ia tidak efektif sama sekali. Sementara Microsoft miliki model bisnis PC Game Pass yang bertentangan dengan model bisnis Epic Games, Microsoft justru yang menawar balik untuk konten Epic Games Store, kendala ketiga adalah Phil Spencer, boss Xbox sering bertemu Gabe Newell, boss Valve dan Steam untuk berdiskusi.

Di sisi PlayStation sendiri, Epic tengah menunggu tawaran minimum mereka $200 juta untuk kepastian 4-6 game yang akan membuat toko mereka menjadi salah satu target jika judul tersebut tak hasilkan keuntungan. Sony masih belum menanggapinya sama sekali.

Belum jelas apakah Sony akan mengamini permintaan Epic namun dengan Horizon Zero Dawn memulai debutnya ke Steam disusul Days Gone, kemungkinan Sony akan menerima tawaran tersebut cukup kecil.

CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan sendiri sebelumnya mengatakan bahwa lakukan porting game eksklusif PlayStation adalah hal yang mudah. Dengan kata lain, keputusan tersebut cukup mudah dilakukan oleh Sony. Ketika ditanya soal itu oleh GQ, Ryan hanya mengaku bahwa saat ini banyak hal telah berubah.


Baca lebih lanjut tentang PlayStation atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version