Epic Games Telah Gratiskan Easy Anti-Cheat untuk Semua Developer Game

Aaufqxbgcsnssrwzu5kjfd 1200 80

Epic Games akuisisi perusahaan Easy Anti-Cheat pada tahun 2018 silam yang kemudian digunakan oleh banyak game multiplayer populer mulai dari Apex Legends, Dead by Daylight, Rust, dan tentu saja Fortnite.

Implementasi program anti-cheat memerlukan dana yang besar, dan untuk studio kecil yang ingin terjun ke pasar multiplayer, itu akan menjadi tantangan tersendiri. Maka dari itu, Epic kembali melakukan aksi yang sangat membantu para developer lewat menggratiskan program Easy Anti-Cheat untuk semua developer ditambah dengan sistem voice-chat yang dimana keduanya telah ditambahkan pada Online Services Project yang awalnya hanya memberi teknologi crossplay secara gratis.

Epic Games menjelaskan bahwa implementasi anti-cheat dan voice chat dapat memakan dana yang sangat besar. Maka dari itu mereka ingin menggratiskannya dengan maksud “mendorong lebih banyak developer untuk membangun game cross-platform, menghubungkan komunitas pemain, menumbuhkan industri game, dan mewujudkan visi dari metaverse”.

Metaverse menjadi kata yang sering dikeluarkan oleh mulut CEO Epic Games Tim Sweeney dalam beberapa bulan terakhir. Banyak pengertian dari kata tersebut, namun dalam konteks sang CEO, kata tersebut bermaksud pada membangun ekosistem game dan hiburan tanpa batasan dan halangan dari platform. Dalam arti sebuah game sudah seharusnya dapat dimainkan di sistem apapun mau itu di PC, console atau bahkan mobile. Tak hanya lewat crossplay, tetapi “cross” berbagai hal lainnya mulai dari pemindahan game asset yang lebih mudah, sistem pembayaran yang dipermudah, dan aksesibilitas untuk pemain yang lebih dibebaskan.

Hal ini menjadi strategi yang pintar dari Epic Games. Tak hanya mendorong lebih banyak developer berkembang di industri game, tetapi juga menguntungkan mereka dengan lebih banyak developer yang percaya dengan layanan mereka mau itu dari Unreal Engine, Epic Games Store atau layanan mereka lainnya.

Dengan mereka mencoba mengalahkan Valve lewat Steam mereka yang mendominasi pasar PC selama bertahun-tahun, inovasi dan aksi semacam ini dapat membuat mereka lebih kedepan dan lebih diminati developer khususnya dengan Valve dianggap “tak peduli” dengan kesejahteraan kreator game dalam beberapa tahun terakhir.

Easy Anti-Cheat mungkin bukanlah proteksi cheater terbaik bagi banyak gamer, namun dengan program anti-cheat tersebut digratiskan bersamaan dengan sistem voice chat, tentunya menjadi hal positif bagi banyak developer khususnya indie.

Selengkapnya akan Easy Anti-Cheat, voice chat, dan sistem layanan online Epic Games lainnya bisa kamu baca disini.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version