Regulator Eropa Setujui Proses Microsoft Akuisisi Activision Blizzard

Proses Microsoft Akuisisi Activision Blizzard

Regulator Eropa Setujui Kesepakatan Microsoft Activision Blizzard

Regulator Eropa Setujui Proses Microsoft Akuisisi Activision Blizzard – Baru – baru ini, Akuisisi Microsoft terhadap Activision Blizzard sebesar 68,7 Milyar US Dollar telah disetujui oleh Regulator Eropa setelah sebelumnya Competition and Markets Authority (CMA) Inggris menolak akuisisi tersebut.

Komisi Eropa telah menyimpulkan bahwa kesepakatan tersebut dapat diterima karena komitmen yang diberikan Microsoft serta Activision Blizzard yang berhubungan dengan perkembangan Cloud Gaming

Proses Microsoft Akuisisi Activision Blizzard Diterima Regulator Eropa

Microsoft Berencana Akuisisi Activision Blizzard

Regulator EU menilai bahwa Microsoft “Microsoft tidak akan memiliki insentif untuk menolak mendistribusikan game-game Activision Blizzard ke platform Sony”. “Bahkan jika Microsoft memutuskan untuk menarik game – game Activision Blizzard dari PlayStation, hal tersebut tidak akan mengganggu persaingan pada pasar konsol”

Komisi Eropa telah mengidentifikasi solusi agar kesepakatan dapat dilanjutkan melalui kesepakatan lisensi 10 tahun yang akan ditawarkan Microsoft kepada para pesaingnya seperti Sony dan platform lain.

Hal tersebut termasuk lisensi gratis untuk para konsumen di negara-negara Eropa yang akan memungkinkan mereka untuk melakukan streaming game melalui layanan streaming game cloud apa pun pilihan mereka untuk semua game PC dan konsol Activision Blizzard pada saat ini dan di masa mendatang yang mereka miliki lisensinya.

Penyedia jasa cloud gaming juga akan ditawarkan lisensi gratis untuk mendistribusikan game ini di pasar Eropa. Lisensi ini tentunya akan membuat konsumen akan memiliki hak untuk melakukan streaming game Activision yang telah dibeli atau langganan di layanan Cloud Gaming.

Proses Akuisisi Masih Ditolak Regulator Inggris

Cma Tolak Akusisi Activision Blizzard

Disisi lain, pihak Competitition and Markets Authority (CMA) Inggris masih tetap menolak kesepakatan Microsoft yang akan mengakuisisi Activision Blizzard. Pada akun Twitter resmi mereka, CMA memberikan respon terhadap keputusan dari Komisi Eropa.

CMA mengatakan bahwa Otoritas persaingan usaha di Inggris, Amerika Serikat, dan Eropa sepakat bahwa akuisisi yang dilakukan Microsoft akan merusak persaingan dalam cloud gaming.

Pihaknya juga telah menyimpulkan bahwa cloud gaming harus terus berjalan sebagai pasar yang bebas dan kompetitif untuk mendongkrak inovasi serta pilihan di sektor yang sedang berkembang pesat ini.

Dan proposal dari Microsoft yang diterima oleh Eropa pada hari ini akan memungkinkan perusahaan tersebut dapat menetapkan syarat dan ketentuan untuk pasar Cloud Gaming selama 10 tahun ke depan.

Pihak CMA khawatir bahwa proposal tersebut akan menggantikan pasar yang bebas, terbuka, dan kompetitif menjadi pasar yang tunduk kepada regulasi yang sedang berlangsung terhadap game yang dijual, platform yang digunakan untuk menjualnya, dan ketentuan penjualan oleh Microsoft.

Hal ini menjadi salah satu alasan dari grup panel independen CMA menolak proposal Microsoft dan mencegah kesepakatan ini meskipun mereka mengakui dan menghargai bahwa komisi Eropa berhak memiliki pandangan yang berbeda, CMA tetap berdiri pada keputusannya.

Microsoft sudah mengajukan banding terkait keputusan CMA terhadap kesepakatan akuisisi Activision Blizzard. Proses banding ini kemungkinan akan memakan waktu yang cukup lama dan keputusan regulator Eropa saat ini dapat membantu Microsoft pada banding yang akan dilakukan.



Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version