Ethereum Mulai Turun, Bisakah Pasokan GPU Kembali Normal?

Ethereum Mulai Turun

Beberapa waktu lalu, kami sempat mendapati informasi bahwa Ethereum 2.0 ‘The Merge’, bakalan hadir untuk menyempurnakan teknologi blockchain saat ini. Pertanyaan yang benar-benar klise, Ethereum mulai turun, apakah benar ini pertanda pasokan GPU akan kembali normal?

Turun Lebih dari Perkiraan

Minggu lalu, kami mendapati bahwa nilai dari Ethereum benar-benar turun, bahkan lebih dari perkiraan, yaitu sekitar 20%. Kondisi seperti ini tentu akan berimbas secara nyata pada keuntungan yang tengah dicari oleh para miners. Sebelumnya, nilai dari Ethereum sempat menyentuh 50 Jutaan Rupiah, dan kini harus berpuas diri pada 40 Jutaan Rupiah.

Meneropong ke belakang, pada bulan November silam, nilai dari Ethereum ini hamper sentuh 70 Jutaan Rupiah. Melihat keadaan saat ini, hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan untuk terpangkas sekitar 40%.

“Gimana dengan pasokan GPU, bisakah kembali normal?”

Tampaknya, untuk menjawab pertanyaan ini membutuhkan beberapa pertimbangan. Faktanya, saat ini miners memang kesulitan untuk mencari cuan, bahkan dengan puluhan, bahkan ratusan mining rig yang dibelinya.

Terlebih kondisi saat ini di mana nilai dari Ethereum makin turun dari perkiraan, membuat para miners makin kebingungan.

Sebagai gambaran, berikut kami sertakan data yang dikumpulkan oleh tom’sHardware terkait kondisi terkini Ethereum:

Berdasarkan data berupa gambar di atas, tampak bahwa cuan yang dihasilkan tak berbanding lurus dengan modal awal yang mereka keluarkan. Hal ini terlihat mantap, karena dari awal sebaiknya pemakaian GPU untuk umum hanya dipakai untuk kebutuhan gaming dan content creation.

Mari kita ambil salah satu contoh, yaitu GPU RTX 3090 yang kini dibanderol hampir 50 Jutaan di Indonesia. Bila mengacu pada data di atas, GPU high-end ini hanya mampu setor 60 Ribuan Rupiah per harinya. Setidaknya, dibutuhkan waktu sekitar 720 hari, atau sekitar dua tahun untuk mendapatkan break even, itupun bila Ethereum tak makin turun.

Tampaknya gamers dan content creator bisa mendapatkan GPU idaman mereka dalam waktu dekat, semoga.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version