Event Halloween Lucky Draw di Call of Duty Mobile Kabarnya Punya Drop Rate yang “Menipu”


Follow Us

Ketika ingin mendapat skin “Skeleton” dan “AK47”

Call of Duty Mobile baru saja merilis suatu event sekaligus konten baru guna menyambut hari Halloween. Yang paling cukup menyita perhatian, Activision dan Tencent rupanya juga ikut menyisipkan keberadaan suatu event “gacha” Halloween Lucky Draw guna mengiming-imingi para pemain sejumlah skin eksklusif beserta dengan item-item tambahan seperti Weapon XP dan Supply Drop.

Nulis artikel dibayar

Harus diakui, sistemnya pun cukup terkesan “memancing” di awal. Karena pihak developer telah menjamin bahwa kamu tidak akan mendapatkan gacha yang bersifat ganda alias “dupe”. Sehingga secara otomatis kamu bisa mendapatkan semua item eksklusif di sana dengan melakukan gacha/spin sebanyak 10 kali dengan membayarkan sejumlah CP. Namun yang menjadi pertanyaan, berapakah total jumlah CP yang perlu kamu keluarkan dan presentase drop untuk mendapatkan skin Skeleton dan AK47 yang sengaja dijadikan sebagai hadiah pokok atau “jackpot” ?

Hal ini rupanya telah menjadi sebuah kontroversi yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan oleh para pemain Call of Duty Mobile di dunia. Karena rupanya, telah muncul seruan bila event gacha tersebut sangatlah begitu manipulatif untuk diikuti.

 

 

Pertama kali dilaporkan oleh seorang Youtuber bernama ParkerTheSlayer hingga mulai disebarluaskan oleh Angry Joe, drop rate untuk mendapatkan item terbaik di dalam lucky draw berikut kabarnya telah disetting sedemikian rupa agar baru bisa didapat pada jumlah spin yang kesembilan dan kesepuluh.

Selain itu, dari setiap aksi gacha yang telah kamu lakukan, jumlah CP yang harus dibayarkan oleh mereka pun perlahan juga semakin meningkat. Dari yang awalnya hanya 40 CP saja, pada gacha kesembilan para pemain wajib mengeluarkan CP sebanyak 6600 (dan 10000 CP untuk yang terakhir). Dimana secara total, kamu benar-benar butuh 23580 CP untuk mendapatkan semuanya.

Tidak hanya dari influencer mancanegara saja, keharusan untuk bergacha sebanyak 9 hingga 10 kali juga ikut dirasakan oleh sejumlah Youtuber Indonesia seperti MiauAug, dan Pokopow.

Harga CP yang dijualkan secara “resmi” dalam Rupiah

Untungnya di versi Garena, jumlah CP yang perlu kamu keluarkan untuk meraih seluruh hadiah lucky draw nampak jauh lebih dipermurah. Karena aksi spin pertama hanya membutuhkan 25 CP saja. Sedangkan untuk yang kesembilan dan kesepuluh, kamu hanya perlu mengeluarkan CP sebanyak 3900 dan 6000 yang secara totalnya menjadi 14155 CP. Jika dirupiahkan, nilai CP tersebut sudah hampir berkisar di angka 2 Juta Rupiah.

BACA JUGA  [Rumor] Garena Sedang Mempersiapkan Game FPS baru Seperti Overwatch!

Supaya lebih jelas, gambar thumbnail kami masukan kembali

Sementara mengenai drop rate, penjelasan yang diberikan developer juga terlihat begitu ambigu. Di sana dijabarkan mengenai keberadaan presentase peluang sebanyak 42% untuk beragam hadiah yang memiliki background warna “ungu” (epic) di dalamnya. Dimana kategori hadiah itu juga termasuk dengan hadiah jackpot yang menurut laporan para pemain hanya bisa didapat pada jumlah spin yang kesembilan dan kesepuluh.

Betul murni merupakan jebakan ?

Lantas, apakah dua hadiah tersebut memang sengaja murni disetting untuk bisa didapat pada aksi-aksi gacha yang terakhir ? Dalam satu postingan terkait di akun Facebook Garena Call of Duty Mobile, kami secara unik menjumpai satu-satunya pemain (di dalam post) yang secara beruntung berhasil mendapatkan skin Skeleton dan AK47 tanpa perlu bergacha sebanyak 9 atau 10 kali.

BACA JUGA  Call Of Duty Mobile Sukses Geser PUBG Mobile Sebagai Game Terpopuler Bulan Ini

Meski bisa tergolong sebagai anomali, kami dapat mengasumsikan bila presentase peluang untuk mendapatkan 2 skin terbaik ini bisa saja sengaja dibuat sangat kecil (mungkin dibawah 4%) ketimbang diatur agar baru muncul pada jumlah percobaan gacha tertentu. Setidaknya mungkin dalam versi COD: Mobile Garena yang kerap dimainkan di Indonesia.

Secara aman, kalian bisa coba mengetesnya terlebih dahulu dalam 1 hingga 3 kali percobaan. Namun, kami sendiri tetap lebih ingin menghimbau agar kalian sebisa mungkin tidak mengikuti event gacha yang berlangsung sampai pada tanggal 1 November tersebut. Karena jika memang benar sistemnya terkesan tidak seimbang seperti itu, jelas ini merupakan hal yang bisa sangat merugikan kenyamanan kalian dalam bermain Call of Duty: Mobile.


Baca pula informasi lain terkait Call of Duty: Mobile, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

 


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item